PENGEMBANGAN WEBSITE DAN SISTEM INFORMASI DESA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

Fahrur Rozi
Tomi Listiawan - [ http://orcid.org/0000-0002-2914-3414 ]
Yusuf Hasyim


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v2i2.366

Abstract


Di era otonomi daerah, desa merupakan bagian yang sangat penting dalam menentukan  keberhasilan  pembangunan  dan   bersetuhan  langsung  dengan  masyarakat terutama dalam pelayanan publik. Masalah yang timbul dan dihadapi adalah minimnya tingkat ketrampilan aparatur desa dengan tuntutan masyarakat yang lebih dinamis serta sistem pengelolaan arsip masih bersifat konvensional memicu resiko tinggi. Sejalan dengan agenda reformasi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi bahwa setiap individu dan organisasi dituntut untuk mengembangkan diri guna meningkatkan pelayanan masyarakat. Pengelolaan administrasi dan arsip yang konvensional harus diubah menjadi berbasis sistem dan digital. Selain itu Desa juga perlu mempublikasikan seluruh potensi yang dimilikinya sehingga masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan informasi tentang desa, disamping perlu untuk melukan transparansi publik. Berkaitan dengan masalah tersebut, Program pengabdian kepada masyarakat (IbM) khususnya di desa Bangoan dan desa Tulungrejo ini memberikan solusi untuk menyelesaikan persoalan tersebut dengan memberikan bantuan pengembangan website desa dan sistem informasi untuk mengelola data di desa, sekaligus pelatihan pengelolaan administrasi   menggunakan sistem informasi manajemen yang telah dikembangkan. Selain itu kegiatan ini dilakukan dalam rangka peningkatan kemampuan dan ketrampilan aparatur desa dengan memberikan workshop dan sosialisasi UU ASN tahun 2014.Tujuan pelaksanaan program ini adalah untuk memberikan media untuk mempublikasikan segala potensi yang dimiliki desa,  tertatanya pengelolaan administrasi yang telah berbasis digital serta meningkatnya kemampuan dan keterampilan   apartur   desa.   Sebagai   hasil   program   berupa   peningkatan   kualitas pelayanan kepada masyarakat dan publikasi ilmiah


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


A. Salim, “Management Information in Rural Area : A Case Study of Rancasalak Village in Garut , Indonesia,” Procedia Technol., vol. 11, no. Iceei, pp. 243–249, 2013.

A. Behl and M. Singh, “Critical analysis of management information system of selected Indian microfinance institutions,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 133, pp. 20–27, 2014.

T. H. Moreira, D. Oliveira, M. Painho, V. Santos, and O. Sian, “Development of an agricultural management information system based on Open-Source solutions,” Procedia Technol., vol. 16, pp. 342–354, 2014.

F. Sukmana and J. L. Bulaili, “Rekomendasi Solusi pada Computer Maintenance Management System Menggunakan Association Rule, Koefisien Korelasi Phi dan Chi-Square,” in Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXII, 2015, pp. 1–8.

F. Rozi and F. Sukmana, “Penggunaan moving average dengan metode hybrid artificial neural network dan fuzzy inference system untuk prediksi cuaca,” J. Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 1, no. 2, pp. 38–42, 2016.

F. Rozi and F. Sukmana, “Metode siklis dan adaptive neuro fuzzy inference system untuk peramalan cuaca,” J. Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 1, no. 1, pp. 7–13, 2016.

F. Rozi and R. Kartadie, “Clustering Dokumen dengan Semantic Word Holonim dan Fuzzy Association Rule Mining,” Semnasteknomedia Online, vol. 5, no. 1, pp. 13–18, 2017.

F. Rozi, C. Fatichah, and D. Purwitasari, “Ekstraksi Kata Kunci Berdasarkan Hipernim Menggunakan Fuzzy Association Rule Mining untuk Pengelompokan Dokumen,” J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 13, no. 2, pp. 190–197, 2015.

F. Rozi and R. Kartadie, “Sinonim untuk ekstraksi kata kunci pada pengelompokan dokumen menggunakan fuzzy association rule mining,” Semnasteknomedia Online, pp. 7–12, 2016.