PENGEMBANGAN E-MODUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI DI SDN 3 SRENGAT

Arganis Ratna Furi
Fahrur Rozi


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v5i2.3639

Abstract


Semakin pesatnya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, semakin berkembang pula kreatifitas dalam membuat media maupun sumber belajar dengan teknologi yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sumber belajar mata pelajaran matematika untuk kelas VI dengan menggunakan aplikasi Microsoft Power Point ditunjang aplikasi iSpring Suit 9 dan Website 2 APK Builder. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan merupakan metode untuk menghasilkan produk tertentu atau menyempurnakan produk yang telah ada serta menguji keefektifan produk tersebut. Model pengembangan yang dilakukan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluations) karena model ADDIE memiliki sifat umum yang sesuai digunakan pada penelitian pengembangan. Hasil peneltian pengembangan ini diawali dengan tahap Analysis, yaitu dengan identifikasi masalah dan wawancara. Design, yaitu membuat rancangan aplikasi elektronik modul. Development, yaitu membuat produk. Implementation, yaitu merealisasikan produk yang telah dibuat pada situasi yang nyata, dan Evaluations, yaitu untuk mengukur ketercapian dari tujuan pengembangan. Hasil dari pengujian produk yang telah diuji oelh ahli materi adalah 71% dengan kategori Layak, produk yang telah diuji oleh materi menghasilkan 92% dengan kategori Sangat Layak dan hasil uji dari siswa kelompok kecil yaitu 5 orang dengan jumlah 90% dan kelompok besar 15 orang sebanyak 93% dengan kategori Sangat Layak.


Keywords


elektronik modul; pengembangan; sumber belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Endang Suprapti, PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA POWERPOINT ISPRING PADA MATERI JAJARGENJANG, LAYANG-LAYANG, DAN TRAPESIUM DI KELAS VI SMP, Prodi Pendidikan Matematika FKIP-UM Surabaya,2016.

Tri Suwandi, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS FABEL KELAS VI SMP BAYT AL-HIKMAH KOTA PASURUAN BERBASIS ISPRING, Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Unisma., 2019.

Elfira Yulia Sasahan, Raden Oktova, Oky Oktavia I.R.N, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG OPTIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK ISPRING SUITE 7.0 UNTUK MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN INTERFERENSI CAHAYA, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguru-an dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, 2017.

Faiqotul Himmah dan Martini, PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 8 PADA SUB MATERI ZAT ADITIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII, Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Sains FMIPA Unesa, Dosen J. IPA FMIPA Unesa., 2018.

Nury Yuniasih, Ririn Nur Aini, Retno Widowati, Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang, J Pendidkan Guru Sekolah Dasar Universitas Kanjuruhan Malang., 2018.

Nur Risnawati Kusuma, Muh. Khalifah Mustami, Oslan Jumadi, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POWER POINT ISPRING SUITE 8 PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS, Program Pascasar-jana Universitas Negeri Makassar, J. Biologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dan J. Biologi Universitas Negeri Makassar., 2018.

Rahmat Arofah Hari Cahyadi, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indone-sia, 2019. doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.

N. L. Purnamasari, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Pada Reyog Kendang Di Ekstrakulikuler Reyog Kendang Smpn 1 Kauman, JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 4, no. 2, p. 127, 2019, doi: 10.29100/jipi.v4i2.1413.

N. Supriono and F. Rozi, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK MOLEKUL KIMIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID, JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., 2018, doi: 10.29100/jipi.v3i1.652.