USER INTERFACE ANALYSIS IN MOBILE BANKING APPLICATION USING DESIGN THINKING METHODS WITH USER SEGMENTS FOR ELDERLY OF PEKANABARU (STUDY CASE : BANK XYZ)

Tiara Lasya Azzara
Gede Agung Ary Wisudiawan
Aristyo Hadikusuma


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.3613

Abstract


Perusahaan perbankan XYZ membuka layanan perbankan dengan konsep memberikan layanan kepada masyarakat yang menggunakan mobile banking. Namun, pengguna mobile banking saat ini harus memiliki kartu identitas terlebih dahulu, menggunakan mobile banking minimal berusia 18 tahun dan tidak ada batasan usia maksimal. Rata-rata penggunaan mobile banking adalah generasi Y dan Z, yaitu pada skala usia 18 hingga 35 tahun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berapa banyak pengguna lansia yang menggunakan mobile banking XYZ. Sebagai analisis pengalaman pengguna jangka panjang memiliki karakteris- tik dalam memfasilitasi pengguna dalam hal kegunaan serta pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi. Studi ini memberikan analisis komparatif Design Thinking dan pengujian kegunaan. Pengujian usability dil- akukan pada 5 responden lansia. Pengguna aplikasi didasarkan pada empat parameter, yaitu tugas yang diselesaikan, kesalahan selama kinerja tugas, waktu per tugas yang diselesaikan, dan jumlah klik selama kinerja tugas. Setelah dilakukan pengujian, responden diwawancarai untuk mengetahui tanggapan dan permasalahan yang dialami selama pengujian ini, hasil pengujian usability menunjukkan bahwa aplikasi XYZ Mobile unggul dalam parameter task complete. Namun banyak lansia yang bingung cara menggunakannya, banyaknya huruf yang ukurannya tidak sesuai dengan sudut pandang lansia. Hasil kuisioner menunjukkan bahwa aplikasi XYZ Mobile memiliki nilai unggul dalam aspek perpicuity, efficiency, dependability, dan stimulation. Setelah data dio- lah dan dianalisa, dapat disimpulkan bahwa aplikasi XYZ Mobile memiliki aspek User Interface yang sangat ku- rang, terutama untuk pengguna yang berusia lanjut, baik yang berusia 40 tahun ke atas. Melihat hasil penelitian sebelumnya mengenai aplikasi mobile banking untuk lansia mendapat respon yang positif, hal ini menjadi moti- vasi bagi penulis dalam melakukan penelitian ini untuk mendapatkan respon yang lebih baik terutama dari para lansia yang berusia 60 tahun ke atas, sehingga agar aplikasi layanan yang dibuat nantinya dapat bermanfaat bagi para lansia. Oleh karena itu, dalam perancangan ini untuk lansia perlu diketahui kebutuhan apa saja yang dibu- tuhkan dalam aplikasi mobile banking ini, serta mudah digunakan untuk mengakomodir kebutuhan mobile bank- ing mereka agar para lansia dapat terus menggunakannya. Oleh karna itu hasil dari penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah, didapatkan perbandingan kategori penerimaan dari “Tidak Diterima” sampai “Diterima”, skala nilai yang akan diterima dan peringkat kata sifat dari “Buruk” sampai “Baik”. Dari nilai tersebut desain prototipe dapat dikategorikan dalam rentang yang baik dengan grade A dimana desain prototipe dapat diterima oleh pengguna. Penulis mengajukan penelitian ini untuk menghasilkan model antarmuka yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan pengguna dalam menggunakan layanan MBanking XYZ dapat dicapai dengan menggunakan Design Thinking yang dapat mempermudah mendapatkan Mobile yang tersedia untuk para lansia dari umur 60 tahun ke atas.

Keywords


Design Thinking; Mobile banking; Usability Testing; User Interface; User Interface

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ulfa, S. S., Alam, P. F., & Akbar, M. D. (2021). Analisis Dan Perancangan User Interface Pada Aplikasi Symbah Berbasis Mobile Menggunakan Metodelogi Design Thinking. eProceedings of Engineering, 8(5).

Shirvanadi, E. C. (2021). Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center).

Fikriyya, A. (2021). Prototyping Dalam Perancangan Sistem Informasi Sekolah Desa Pendar Foundation Yogyakarta.

Subhan, M., & Indriyanti, A. D. (2021). Penggunaan Metode Heuristic Evaluation sebagai Analisis Evaluasi User Interface dan User Experience pada Aplikasi BCA Mobile. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(3), 30-37.

Kurniawan, A., & Ramadhani, E. (2022). Perancangan User Experience Dan User Interface Pada Mobile App PeduliPanti Dengan Metode Design Thinking. AUTOMATA, 3(2).

Soejono, A. W., Setyanto, A., & Sofyan, A. F. (2018). Evaluasi Usability Website UNRIYO Menggunakan System Usability Scale (Studi Kasus: Website UNRIYO). Respati, 13(1).

Nasution, A. R. S. (2021). Identifikasi Permasalahan Penelitian. ALACRITY: Journal of Education, 13-19.

Huda, N. (2022). Implementasi Metode Usability Testing Dengan System Usability Scale Dalam Penilaian Website Rs Siloam

Palembang. IMPLEMENTASI METODE USABILITY TESTING DENGAN SYSTEM USABILITY SCALE DALAM PENILAIAN WEBSITE RS SILOAM PALEMBANG.

Darmalaksana, W. (2020). Template Penulisan Artikel Hadis dengan Pendekatan Design Thinking. Pre-Prin Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(I), 1-7.

Susanti, E., Fatkhiyah, E., & Efendi, E. (2019). Pengembangan UI/UX Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design Thinking.

Wibowo, R. Y. A., Wijoyo, S. H., & Rokhmawati, R. I. (2019). Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Banking di Indonesia Dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ)(Studi pada JakOne Mobile dan BCA Mobile). J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput. E-ISSN, 2548, 964X.

Maya, S., & Yohanna, L. (2018). Identification of problems and solution of the micro small middle entreprise with Nvivo-software. Sosio e-kons, 10(2), 121-130.

Karnawan, G. (2021). Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 61-66.

Assingkily, M. S., Fauzi, M. R., Hardiyati, M., & Saktiani, S. (2021). Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI/SD (Dari Konvensional Menuju Kontekstual yang Fungsional). Penerbit K-Media.

Aji, G. P. Perencanaan strategi digital pada startup eguards dengan pendekatan design thinking (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).


slot gacor slot