Implementasi Flask Framework Pada Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Helpdesk (SIH)

Candra Wijayanto
Yeremia Alfa Susetyo


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.3161

Abstract


Helpdesk menjadi peranan yang penting dalam mempertahankan dan mengawasi kelancaran proses bisnis. PT. XYZ yang merupakan salah satu perusahaan retail terbesar di-Indonesia dalam menjalankan proses bisnisnya juga memiliki divisi helpdesk, namun proses pelaporan dan pencatatan kendala di PT. XYZ masih dilakukan secara manual sehingga tidak efisien. Oleh karena itu pada penelitian ini dibangunlah aplikasi sistem informasi helpdesk dengan harapan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis di PT. XYZ. Pembangunan aplikasi dilakukan pada platform web dengan mengimplementasikan Python Flask Framework, Selain menggunakan flask, dalam pembangunan aplikasi ini juga menggunakan bootstrap sebagai UI library pada bagian antarmuka aplikasi, JavaScript untuk membuat tampilan yang lebih atraktif, serta PostgreSQL sebagai sistem penorganisasian dan sistem pengolahan database. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi sistem informasi helpdesk berbasis web yang dapat digunakan sebagai langkah awal dalam pemecahan masalah jika terjadi kendala pada operasional perusahaan, selain itu melalui aplikasi ini setiap kendala yang dilaporkan juga dapat dimonitoring dengan mudah oleh user. Aplikasi yang dihasilkan juga telah melalui tahap pengujian dengan metode blackbox testing dengan hasil test yang baik atau aplikasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.


Keywords


Helpdesk;Flask framework;Python;Bootstrap;postgreSQL

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


W. Likhar and H. Purwanto, ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TICKETING HELPDESK ONLINE BERBASIS WEB: STUDI KASUS PT XYZ Weli Likhar 1 , Hari Purwanto 2 1, 2021.

N. L. G. P. Suwirmayanti, I. K. A. A. Aryanto, I. G. A. N. W. Putra, N. K. Sukerti, and R. Hadi, Penerapan Helpdesk System dengan Pengujian Blackbox Testing, J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 2, no. 02, 2020, doi: 10.46772/intech.v2i02.290.

M. Ardhiansyah, Penerapan Model Rapid Application Development pada Aplikasi Helpdesk Trouble Ticket PT. Satkomindo Mediyasa, J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 2, no. 2, p. 43, 2019, doi: 10.32493/jtsi.v2i2.2759.

D. Ghimire, Comparative study on Python web frameworks: Flask and Django, no. May, pp. 140, 2020, [Online]. Available: http://www.theseus.fi/handle/10024/339796.

K. Relan, Building REST APIs with Flask, 1st ed. Berkeley, CA: Apress, 2019.

L. Magdalena, Analisis Problem Management pada IT Helpdesk dengan implementasi ITSM dan SLA (Studi Kasus: Citigroup Indonesia), J. Digit, vol. 1, no. 2, pp. 97112, 2017, doi: https://doi.org/10.51920/jd.v1i2.2.

D. F. Ningtyas and N. Setiyawati, Implementasi Flask Framework pada Pembangunan Aplikasi Purchasing Approval Request, J. Janitra Inform. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1934, 2021, doi: 10.25008/janitra.v1i1.120.

A. Fauzi and A. T. Suryadi, Perancangan Aplikasi IT Helpdesk Berbasis Web di PT. Panca Abadi Nan Jaya, J. RESPONSIF Ris. Sains Inform., vol. 2, no. 1, pp. 99105, 2020.

A. H. Fitri, PENGARUH VARIASI LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA: STUDI LITERATUR Alchonity Harika Fitri ., no. 1, pp. 15, 2021.

A. Dennis, B. H. Wixom, and R. M. Roth, System Analysis and Design 5th Edition, vol. 54, no. SUPPL. 3. 2012.

T. A. Kurniawan, Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik, J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, p. 77, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201851610.

I. Abdulruof, O. Ahmed, M. Elamin, and E. Daleel, ISSN: 2249-0868 Foundation of Computer Science FCS, Int. J. Appl. Inf. Syst., vol. 12, no. 34, pp. 14, 2020, [Online]. Available: www.ijais.org.

Z. H. Muhamad, D. A. Abdulmonim, and B. Alathari, An integration of uml use case diagram and activity diagram with Z language for formalization of library management system, Int. J. Electr. Comput. Eng., vol. 9, no. 4, pp. 30693076, 2019, doi: 10.11591/ijece.v9i4.pp3069-3076.

L. C. Hermawan, M. R. Mubarok, H. Mairudin, A. Mahdiyan, and Y. Yulianti, Pengujian Black Box pada Aplikasi Verifikasi Data Nasabah dengan Menggunakan Metode Boundary Value Analysis, J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 3, no. 3, p. 119, 2020, doi: 10.32493/jtsi.v3i3.5331.

T. S. Jaya, Pengujian Aplikasi Dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung), J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 2, pp. 4548, 2018.