PENGUKURAN BSC TI MENGGUNAKAN METRIK ALIGNMENT GOALS COBIT 2019 (STUDI KASUS: UNIT BUSINESS COMPLAINT HANDLING DIVISI SOLUTION DELIVERY AND ASSURANCE PT XYZ)

Naufal M. Fadilah
Lukman Abdurrahman
Rahmat Mulyana


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.3156

Abstract


Implementasi BSC TI berbasis COBIT 2019 pada unit Business Complaint Handling Divisi Solution, Delivery and Assurance merupakah sebuah langkah divisi untuk dapat mengetahui performansi kinerja dalam bidang teknologi informasi (TI). Pada penelitian sebelumnya terkait pembuatan model Balanced Scorecard TI (BSC TI) berbasis COBIT pada unit ini dengan metode SEM menghasilkan hipotesis adanya pengaruh kinerja antar perspektif dalam BSC TI. Berdasarkan hasil tersebut diperlukan pembuktian terkait implementasi BSC TI dan pengaruh antar perspektifnya. Pembuktian ini menggunakan metrik alignment goals COBIT 2019 sebagai pedoman untuk pengumpulan data yang berkaitan dengan kinerja terkait TI pada unit Business Complaint Handling. Proses pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara kepada pihak yang bersangkutan pada unit tersebut. Pada prosesnya pengukuran BSC TI menggunakan metrik alignment goals COBIT 2019 perlu dipahami terkait metrik dan perspektif yang tertulis dalam COBIT 2019. Terdapat empat perspektif dalam BSC TI berbasis COBIT 2019 ini, yaitu corporate contribution, customer orientation, operational excellence dan future orientation. Analisis pengukuran BSC TI dilakukan setelah data yang bersesuaian dengan metrik terkumpul, ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh antar perspektif BSC TI sesuai dengan hipotesis yang telah diterima, yaitu adanya pengaruh future orientation terhadap operational excellence, pengaruh operational excellenc terhadap customer orientation dan pengaruh customer orientation terhadap corporate contribution.


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


J. Bessen, Information Technology and Industry Concentration, 2017.

S. F. Bayastura, S. Krisdina, and A. P. Widodo, ANALISIS DAN PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 2019 PADA PT XYZ, Jurnal Informatika dan Komputer, vol. 4, no. 1, pp. 6875, Apr. 2021.

W. Sardjono, E. Selviyanti, and W. G. Perdana, The application of the factor analysis method to determine the performance of IT implementation in companies based on the IT balanced scorecard measurement method, in Journal of Physics: Conference Series, Jun. 2020, vol. 1538, no. 1. doi: 10.1088/1742-6596/1538/1/012026.

R. Nasution, Analisis Penerapan IT Balanced Scorecard yang Mempengaruhi Kinerja Divisi Teknologi Informasi di Bank Syariah, Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa, vol. 3, Feb. 2017.

S. W. Perangin-angin, ANALISIS PENGUKURAN KINERJA TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT MIROTA NAYAN MENGGUNAKAN IT BALANCED SCORECARD, Yogyakarta, 2020.

W. van Grembergen, The Balanced Scorecard and IT Governance, Information Systems Control Journal, 1997.

H. A. Faisal, Pembuatan Model Balanced Scorecard TI Menggunakan Pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) Berbasis Varian Di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Pada Unit Business Service, 2021.

ISACA, COBIT 2019 Framework: Designing an Information and Technology Governance Solution. 2019.

B. Gamaliel, Y. Rindengan, and S. Karouw, PENGUKURAN TINGKAT KESELARASAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 5 PADA PEMERINTAH SULAWESI UTARA, Journal Teknik Informatika, vol. 11, no. 1, 2017.

H. Nagata and J. F. Andry, Business Process Assessment with Balanced Scorecard and Framework COBIT, Kinetik: Game Technol-ogy, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control, pp. 221228, Apr. 2018, doi: 10.22219/kinetik.v3i3.639.

A. P. Sakinah and Y. Hanum, SYSTEM PERFORMANCE ANALYSIS OF THE MINISTRY OF TOURISM ICT DEPARTMENT USING COBIT 4.1 AND IT BALANCED SCORECARD, JOURNAL OF SOFTWARE ENGINEERING & INTELLIGENT SYSTEMS, vol. 4, no. 3, Dec. 2019.

A. F. Nuralimi, R. A. N. Taqiyya Izazi, H. Oktavia, and H. A. Faisal, Pembuatan Model Balanced Scorecard TI Menggunakan Pen-dekatan Structural Equation (SEM) Berbasis Varian Di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Pada 4 Unit Divisi Solution and Assur-ance, 2021.

A. Ishlahuddin, P. W. Handayani, K. Hammi, and F. Azzahro, Analysing IT Governance Maturity Level using COBIT 2019 Frame-work: A Case Study of Small Size Higher Education Institute (XYZ-edu), in 2020 3rd International Conference on Computer and In-formatics Engineering, IC2IE 2020, Sep. 2020, pp. 236241. doi: 10.1109/IC2IE50715.2020.9274599.

S. Saat and S. Mania, Pengantar Metodologi Penelitian. 2020.

Nina Siti Salmaniah Siregar, Metode dan Teknik Wawancara, Medan.

A. M. Syuhada, Kajian Perbandingan Cobit 5 dengan Cobit 2019 sebagai Framework Audit Tata Kelola Teknologi Informasi, Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 6, no. 1, p. 30, Jan. 2021, doi: 10.36418/syntax-literate.v6i1.2082.

D. Y. Nainggolan and A. F. Wijaya, ANALISIS KINERJA SISTEM PENGOLAHAN DATA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN IT BALANCED SCORECARD SEBAGAI SARANA UNTUK MENUNJANG KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) KABUPATEN SRAGEN, Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 2, Jun. 2019, [Online]. Available: http://www.jurnal.umk.ac.id/sitech

R. Wijaya, Analisis Model IT Menggunakan Balanced Scorecard Untuk Pengembangan Sistem Teknologi Informasi, Mar. 2007.

N. Situmorang, Pengukuran Loyalitas Pelanggan Pada Produk-Produk Brand Indonesia Dengan Metode Net Promoter Score Pada Konsumen Kelas Menengah Kota Medan, Medan, 2016.

S. M. Musa, C. Akujuobi, M. N. O. Sadiku, A. E. Shadare, C. M. Akujuobi, and R. G. Perry, DATA VISUALIZATION, Interna-tional Journal of Engineering Research And Advanced Technology, 2016, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/311597028

E. T. Peterson, The Big Book of Key Performance Indicators Book Two in the Web Analytics Demystified Series First Edition. 2006. [Online]. Available: http://www.webanalyticsdemystified.com

P. K. Das, Impact of Balanced Scorecard Implementation on Corporate Performance, American Journal of Humanities and Social Sciences, vol. 1, no. 1, pp. 19, 2019, doi: 10.11634/232907811705967.

R. Haerani, Mengukur Tingkat Kinerja Tata Kelola Teknologi Informasi Di Perguruan Tinggi Menggunakan IT Balanced Scorecard, Jurnal Sistem Informasi, 2017.