PENGUKURAN BALANCED SCORECARD TI DI PT XYZ DIVISI SDA PADA UNIT TOP 20 / PUBLIC SERVICE BERBASIS COBIT 2019 MENGGUNAKAN METRIK ALIGNMENT GOALS
Abstract
Implementasi Balanced Scorecard TI pada berbagai sektor unit dalam divisi perusahaan dapat mengukur, mengolah dan mengetahui performansi kinerja dari unit pada perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian sebelumnya terkait pembuatan model Balanced Scorecard TI (BSC TI) berbasis COBIT 2019 pada unit Top 20 / Public Service divisi SDA PT. Telkom dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) dan menghasilkan model struktural yang menciptakan hubungan antara BSC TI dengan kinerja perusahaan. Berdasarkan peneltian tersebut diperlukan pembuktian terkait pengukuran implementasi BSC TI dan korelasi antar perspektifnya. Pengukuran yang dilakukan berpedoman dan merujuk pada 13 metrik pada alignment goals COBIT 2019. Konsep penelitian ini adalah dengan melakukan pengukuran dan membuktikan implementasi BSC TI dapat merepresentasikan performansi kinerja unit menggunakan metode wawancara kepada pihak yang bertanggungjawab pada unit Top 20 / Public Service. Berdasarkan hasil pengukuran dan pengolahan data terhadap perspektif BSC TI (corporate contribution, customer orientation, operational excellence, future orientation) diperoleh hasil analisis yaitu perspektif future orientation berkorelasi positif terhadap perspektif operational excellence, perspektif operational excellence berkorelasi positif terhadap perspektif customer orientation dan perspektif customer orientation berkorelasi positif terhadap perspektif corporate contribution. Dengan demikian, penerapan BSC TI berbasis COBIT 2019 dapat merepresentasikan performansi kinerja unit Top 20 / Public Service.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
E. Peterson, The Big Book of Key Performance Indicators, Web Anal. Demystified, p. 266, 2006, [Online]. Available: http://www.360marketing.es/pdf/The_Big_Book_of_Key_Performance_Indicators_by_Eric_Peterson.pdf.
A. F. Syarif, P. N. Basuki, and A. F. Wijaya, Analisa Kinerja Sistem Informasi / Teknologi Informasi pada PT. Bank Central Asia Menggunakan Kerangka IT Balanced Scorecard, JSI J. Sist. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 14911502, 2018, doi: 10.36706/jsi.v10i1.8039.
W. Van Grembergen, The Balanced Scorecard and IT Governance, 1997.
F. Gunawan, J. Fernandes Andry, H. Tannady, and B. Sebastian, Evaluation and Measurement of Automobile Service and Maintenance Company Performance Using Cobit Framework and Balanced Scorecard, Technol. Reports Kansai Univ., vol. 62, no. 7, pp. 37313743, 2020.
R. Wijaya and M. Dosen Luar Biasa, Analisis Model IT Menggunakan Balanced Scorecard Untuk Pengembangan Sistem Teknologi Informasi, 2006.
A. F. Nuralimi, FINAL TA_AULIA FAHMI NURALIMI_1202172019_SI4103, 2021.
Information Systems Audit and Control Association, COBIT 2019 Framework: introduction and methodology. .
A. F. Nuralimi, R. A. N. Taqiyya Izazi, H. Oktavia, and H. A. Faisal, PEMBUATAN MODEL BALANCED SCORECARD TI MENGGUNAKAN PENDEKATAN STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM) BERBASIS VARIAN DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK PADA 4 UNIT DIVISI SOLUTION DELIVERY AND ASSURANCE MAKING IT BALANCED SCORECARD MODEL USING A STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM) APPROACH BASED ON VARIETY AT PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK IN 4 UNITS DIVISION SOLUTION DELIVERY AND ASSURANCE.
M. Mastuki, IT Balanced Scorecard Implementation to Measure Information Technology Performance on Information Technology Division of PT. Samudera Indonesia Tbk., ComTech Comput. Math. Eng. Appl., vol. 6, no. 3, p. 444, 2015, doi: 10.21512/comtech.v6i3.2255.
C. L. Prasetyo and S. Mukaromah, ANALISIS KEPRAKTISAN BALANCE SCORECARD DALAM COBIT 5 GOALS CASCADE SEBAGAI PENENTU PRIORITAS PROSES TEKNOLOGI INFORMASI, 2021.
E. Pawan, E. Utami, and A. Nasiri, Mengukur Tingkat Kematangan Tata Kelola Sistem Informasi Akademik Menggunakan COBIT 4.1 dan Balanced Scorecard Measuring the Maturity Level of Academic Information System Governance Using COBIT 4.1 and the Balanced Scorecard, Citec J., vol. 5, no. 2, 2018.
E. Diana and M. Rofiki, Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal, J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 3, no. 2, pp. 336342, 2020, doi: 10.31004/jrpp.v3i2.1356.
S. Saat and S. Mania, PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN PANDUAN BAGI PENELITI PEMULA. 2020.
A. Sholikhah, Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif, KOMUNIKA J. Dakwah dan Komun., vol. 10, no. 2, pp. 342362, 1970, doi: 10.24090/komunika.v10i2.953.
ISACA., COBIT 2019 Governance and Management Objectives (ISACA). 2019.
R. K. Wiyati, Penggunaan IT Balanced Scorecard Untuk Pengukuran Kinerja Teknologi Informasi Pada Stikom Bali, J. Sist. dan Inform., vol. 10, no. 1, pp. 120128, 2015, [Online]. Available: https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/7.
N. Raassens and H. Haans, NPS and Online WOM: Investigating the Relationship Between Customers Promoter Scores and eWOM Behavior, J. Serv. Res., vol. 20, no. 3, pp. 322334, Aug. 2017, doi: 10.1177/1094670517696965.