PENGEMBANGAN MEDIA AJAR E-BOOK BERBASIS SAINS MODEL ADDIE DI TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Pengetahuan tentang sains dapat membantu perkembangan kognitif anak dalam berbagai cara. Guru dapat membantu meningkatkan pengetahuan sains peserta didik dengan menggunakan e-book dengan cara tetap memelihara budaya membaca. Banyak generasi milenial telah meninggalkan budaya membaca buku demi menggunakan teknologi yang lebih baru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyediakan e-book kepada peserta didik di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini dirancang untuk mengembangkan media pembelajaran e-book yang dapat membantu peserta didik belajar tentang sains secara langsung dan praktis. Materi tersedia dalam format e-book untuk pembelajaran sains. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode ini dipilih karena tahapannya sistematis dan jelas. Tahapan pengembangan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Sasarannya adalah peserta didik Taman Kanak-kanak kelompok B usia 5-6 tahun, instrument yang digunakan adalah telaah dan validasi ahli media, ahli desain, ahli materi, respon kelompok kecil dan kelompok besar. Berdasarkan hasil respon, pemahaman peserta didik 92%, daya Tarik 92,8%, rata-rata 92,4%. Hasil pengembangan e-book berdasarkan respon peserta didik penggunaan e-book sangat layak dan sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman sains anak usia 5-6 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
J. Ning, D. R., Roshayanti, F., & Siswanto, Profil Literasi Sains Dan Berfikir Kreatif Siswa SMP Negeri 11 Pekalongan, J. Edukasi Ma- Temat. Dan Sains, vol. 8, no. 2, 2020.
Peraturan Pemerinta Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Standar Nas. Pendidik., no. 102501, pp. 149, 2021.
S. Lyla, Rizky Wahyuning, Marianus Subandowo, Pengembangan media pembelajaran e-book untuk meningkatkan pengetahuan sains pada anak usia 4-5 tahun, vol. 07, pp. 385391, 2022.
N. T. Tarigan, Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, J. Curere, vol. 02, no. 02, pp. 141152, 2019.
R. F. Imran and R. Partikasari, Pengembangan Model Pembelajaran Sains Dengan Konsep Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Mahasiswa PAUD Universitas Dehasen Bengkulu, J. Ilm. Potensia, vol. 5, no. 2, pp. 173179, 2020.
Nugraha, Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Diniitle, 2008.
Khadijah, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. 2016.
S. P. Apriliani and E. H. Radia, Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar, J. Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 9941003, 2020.
R. Agustien, N. Umamah, and S. Sumarno, Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS, J. Edukasi, vol. 5, no. 1, p. 19, 2018.
S. I. Lestari and A. Listiadi, Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Scientific Approach Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur, Akuntabel J. Akunt. dan Keuang., vol. 18, no. 2, pp. 360369, 2021.
H. Pujianto, H., S. Marianus, and D. Rusmawati, R., Aplikasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa pada Anak Tuna Rungu Siswa TKLB, J. Educ. Dev. Inst. Pendidik. Tapanuli Selatan, vol. 8, no. 2, pp. 390398, 2020.
I. N. S. Degeng, Strategi Pembelajaran: Mengoraganisasi isi dengan Model Elaborasi, Ikat. Profesi Teknol. Pendidik. Indones.
A. Saepudin, Pembelajaran Sains Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini, J. Teknodik, vol. XV, no. 2, pp. 213226, 2011.
S. Marwiyati, Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreatifitas di TK Negeri Pembina Kota Salatigao Title, 2017.
A. Latip and A. Permanasari, Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa Smp Pada Tema Teknologi, Edusains, vol. 7, no. 2, pp. 160171, 2016.
A. A. Sanuaka, K. U. Ariawan, and W. Sutaya, Pengembangan Media Pembelajaran Electronic Book (E-Book) Interaktif Multimedia Dalam Mata Pelajaran Teknik Animasi 3D Dan Teknik Animasi 2D Di Jurusan Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja, J. Pendidik. Tek. Elektro Undiksha, vol. 6, no. 1, 2017.
M. Z. Wirasasmita, R. H., dan Uska, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Digital Elektronic Publication (Epub), J. Pendidik. Inform., vol. 1, no. 11, 2017.
F. Novalic, F., Azizovic, E., Selimovic, The Importance of Implementing a Multimedia Application Created according to the ADDIE Instructional Design Model in Writing and Reading the Letters of the Alphabet / Vaznost primjene multimedijske aplikacije stvorene prema ADDIE modelu za poucavanje pisa, Croat. J. Educ. - Hrvat. Casopis Za Odgoj i Obraz., vol. 1, no. 23, 2021.
H. Firdaus, Sugiyono, and S. K. Purnama, The Development Model of Badminton Base Technique Training Based of Audio Visual Media for The Beginner Athlete, J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 3, no. 2, pp. 210214, 2018.
R. M. Branch, Approach, Instructional Design: The ADDIE, vol. 53, no. 9. 2009.
A. T. Riyanningrum and N. C. Sitompul, Pengembangan E-book Bilingual untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Pribadi Siswa Sekolah Dasar, J. Pendidik. Ris. Konseptual, vol. 4, no. 3, pp. 425430, 2020.
Kementerian Pendidikan Nasional, Permendikbud No 146 Tahun 2014,vol. 8, no. 33, p. 37, 2014.
Z. Anggita, Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19, Konfiks J. Bhs. Dan Sastra Indones., vol. 7, no. 2, pp. 4452, 2021.
E. Suprapto, D. Apriandi, and I. P. Pamungkas, Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan, ANARGYA J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, pp. 124130, 2019.
H. R. Pratiwi and C. Ismaniati, Pengembangan multimedia pembelajaran untuk mengembangkan aspek kognitif anak, J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 2, p. 130, 2018.
H. Hapsari, R. D., Yulianti, D., Susanto, Implementasi bermain sambil belajar sains untuk mengembangkan minat dan karakter siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Kartini 1 Musuk Boyolali, Unnes Phys. Educ. J., vol. 2, no. 1, 2013.
R. Kumalasari, D. K. N. S. Putra, and I. W. Sujana, Meningkatkan Perkembangan Kognitif Dalam Bidang Sains Melalui Aktivitas Percobaan Sederhana Pada Anak Kelompok B 3 Tk Kartika VII-1 Kodam-Udayana IX, e-Journal PG-PAUD Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 3, no. 1, pp. 111, 2015.
Aisyah, Permainan Warna Berpengaruh terhadap Kreativitas Anak Usia Dini, J. Obs. (Journal Early Chilhood Educ., vol. 1, no. 2, pp. 3843.