SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA GURU MENGGUNAKAN METODE MULTI ATTRBUTE UTILITY THEORY (MAUT)

Elviani Elviani
Elin Haerani
Eka Pandu Cynthia
Fitra Kurnia
Fadhilah Syafria


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.3149

Abstract


Guru adalah tenaga pendidik profesional yang bertugas dan berperan penting dalam pendidikan. Penilaian Kinerja Guru (PKG) merupakan penilaian terhadap setiap kegiatan dan tugas seorang guru pada saat pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Penilaian kinerja guru bertujuan untuk melihat kualitas dan kemampuan guru dalam mengajar. Penilaian kinerja guru pada Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah Bangkinang Kota masih menggunakan Microsoft Excel yang hanya bisa menilai satu orang guru dan jika ingin melakukan penilaian kinerja guru yang lain maka harus membuka halaman yang baru. Tidak ada penentuan nilai peringkat untuk tiap guru, dengan permasalahan tersebut maka diperlukan pengelolaan dengan sebuah sistem yang terkomputerisasi. Sehingga dikembangkanlah suatu sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode MAUT (Multi Attribute Utility Theory). Sistem ini mempunyai kriteria penilaian yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesionalitas. Hasil penelitian dengan metode MAUT diperoleh nilai preferensi tertinggi hingga ke terendah yaitu pada guru dengan kode alternatif ke-6 (G6) mendapat nilai tertinggi dengan nilai 0,775 dan guru dengan kode alternatif ke-4 (G4) mendapat nilai terendah dengan nilai 0,1.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


W. A. Ariefiandi, G. Abdillah, and R. Ilyas, Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Sma Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Procces (AHP) dan Weighted Product (WP), STMIK AMIKOM Yogyakarta, pp. 8590, 2017.

16 Th 2009 Peraturan Menteri, Permenpan Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Kementrian Negara Pendayagunaan Apar. Negara Dan Reformasi Birokrasi, vol. 2009, no. 75, pp. 3147, 2009.

T. dkk Limbong, Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi. Yayasan Kita Menulis, 2020.

S. Franky, O. Nevin, and P. Debora, Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen dengan Metode MAUT (Multi Attribute Utility Theory), Semin. Nas. Sains Teknol. Inf., no. x, pp. 406411, 2019.

Z. Aldo, Dasril; Putra, Nursaka; Munir, Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT), JURSIMA ( J. Sist. Inf. dan Manajemen), vol. 7, no. 2, 2019.

N. Atina, M. Safii, M. Fauzan, and R. Sundari, Implementasi Algoritma Multi Attribute Theory (MAUT) dalam Pemilihan Guru di Bidang Studi Komputer di SMK Muhammadiyah 15 Tanjung Tiram, Semin. Nas. Mat. dan Terap., vol. 1, pp. 371375, 2019.

F. El Khair, S. Defit, and Y. Yuhandri, Sistem Keputusan dengan Metode Multi Attribute Utility Theory dalam Penilaian Kinerja Pegawai, J. Inf. dan Teknol., vol. 3, pp. 215220, 2021.

N. Hadinata, Implementasi Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Pada Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Penerima Kredit, J. SISFOKOM, vol. 07, no. September, pp. 8792, 2018.

M. F. Arifin and D. Arifianto, Penerapan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Untuk Pemilihan Sekolah Menengah Atas Di Kecamatan Balung Berbasis WEB, pp. 116.

I. Fajarwati, N. S. Fitriasari, and H. Siregar, Perbandingan Metode Weighted Product (WP), Weighted Sum Model (WSM) Dan Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Tenaga Kerja, J. Teor. dan Apl. Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp. 2532, 2018.

E. Satria, N. Atina, M. E. Simbolon, and A. P. Windarto, Spk: Algoritma Multi-Attribute Utility Theory (Maut) Pada Destinasi Tujuan Wisata Lokal Di Kota Sidamanik, Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 3, no. 2, p. 168, 2018.

R. N. Sari and R. S. Hayati, Penerapan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Dalam Pemilihan Rumah Kost, J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 3, no. 2, p. 243, 2019.

M. Hidayat, P. A. Jusia, and Amroni, Analisa dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penerimaan Karyawan PT. Dos Ni Roha Jambi Menggunakan Metode MAUT (Multi Attribute Utility Theory), Processor, vol. 13, no. 1, pp. 12001212, 2018.

P. N. Sukaria, Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Pemilihan Mobil Bekas Berbasis Web Menggunakan Metode Multi-Attribute Utility Theory (MAUT), Universitas Sanata Dharma, 2017.