PERANCANGAN UI/UX FITUR MENTOR ON DEMAND MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA PLATFORM PENDIDIKAN TEKNOLOGI

Valentino Kristian Reynaldi
Nina Setiyawati


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.3109

Abstract


Skilvul merupakan salah satu pendidikan teknologi yang menyediakan konten pembelajaran digital skills yang menggunakan metode "Blended-learning" yang tersedia dalam bentuk online maupun offline. Platform Skilvul ingin mengembangkan suatu fitur 1:1 mentoring yaitu Mentor on Demand, dimana peserta mampu melakukan bimbingan dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh peserta secara 1:1 atau satu mentor untuk satu mentee. Pada umumnya kursus online dilakukan secara bersamaan dengan banyak peserta, sehingga memiliki rasio perbandingan yang cukup besar antara mentor dengan peserta sehingga dapat membuat siswa kesulitan dalam menyelesaikan suatu task atau kurang memahami materi yang dijelaskan. Proses perancangan User Interface (UI) & User Experience (UX) fitur Mentor on Demand memerlukan penciptaan ide serta inovasi-inovasi baru untuk dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi, oleh karena itu pada penelitian ini menggunakan salah satu metode pemecahan permasalahan yaitu Design Thinking. Pada metode Design Thinking terdapat 5 tahap yang harus dilakukan untuk mendapatkan suatu ide dan solusi, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Testing dilakukan pada prototype yang telah dihasilkan menggunakan metric Single Ease Question (SEQ). Nilai rata-rata SEQ pada setiap task berada angka 6.25 - 7 dari 5 responden. Hal ini dapat diartikan bahwa alur UX pada prototype yang dihasilkan dapat dipelajari dengan mudah dan telah menjawab kebutuhan dari user serta juga dari pihak Skilvul.

Keywords


Design Thinking; User Interface; User Experience; Online Learning; Mentoring; Mentor on Demand

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


K. A. A. Gamage, D. A. S. Perera, and M. A. D. N. Wijewardena, Mentoring and coaching as a learning technique in higher education: The impact of learning context on student engagement in online learning, Educ. Sci., vol. 11, no. 10, 2021, doi: 10.3390/educsci11100574.

C. L. Andersen and R. E. West, Improving Mentoring in Higher Education in Undergraduate Education and Exploring Implications for Online Learning, vol. 20, 2020.

T. KAMALI ARSLANTAS and O. E. KOCAOZ, Examining the Mentoring Process in Collaborative Project-based Learning of Preservice Instructional Technology Teachers, Educ. Reform J., vol. 6, no. 1, pp. 4761, 2021, doi: 10.22596/erj2021.06.01.47.61.

Skilvul, Skilvul UI/UX Challenge Partner. https://skilvul.com/challenges/skilvul-uiux-challenge

S. H. Cho and S. H. Kim, Suggestion for Collaboration-Based UI/UX Development Model through Risk Analysis, J. Inf. Process. Syst., vol. 16, no. 6, pp. 13721390, 2020, doi: 10.3745/JIPS.04.0200.

N. Setiyawati, H. D. Purnomo, and E. Mailoa, User Experience Design on Visualization of Mobile-Based Land Monitoring System Using a User-Centered Design Approach, Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 16, no. 3, pp. 4765, 2022, doi: 10.3991/IJIM.V16I03.28499.

The Basics of User Experience Design BY INTERACTION DESIGN FOUNDATION.

E. Susilo, F. Danang Wijaya, and R. Hartanto, Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application, 2018.

R. A. Yudarmawan, A. A. Kompiang, O. Sudana, D. Made, and S. Arsa, Perancangan User Interface dan User Experience SIMRS pada Bagian Layanan, 2020.

A. Nurlifa and S. Kusumadewi, Pro s id in g SNATIF Ke-1 Ta hun 2 01 4 ANALISIS PENGARUH USER INTERFACE TERHADAP KEMUDAHAN PENGGUNAAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SEORANG DOKTER. [Online]. Available: www.dxmate.com

Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, 2020, doi: 10.35138/organu.

R. F. Dam and Y. S. Teo, What is Design Thinking and Why Is It So Popular?, Interact. Des. Found., pp. 16, 2018, [Online]. Available: https://www.interaction-design.org/literature/article/what-is-design-thinking-and-why-is-it-so-popular

J. C. Tu, L. X. Liu, and K. Y. Wu, Study on the learning effectiveness of stanford design thinking in integrated design education, Sustain., vol. 10, no. 8, pp. 121, 2018, doi: 10.3390/su10082649.

R. Czarny et al., DESIGN THINKING REPORT Part 1, no. C, pp. 114, 2020.

Daridesignstudio, Yuk Belajar Design Thinking Untuk Kemajuan Startup Kamu. https://daridesignstudio.com/design-thinking/

M. L. Lazuardi and I. Sukoco, Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek, Organum J. Saintifik Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 111, 2019, doi: 10.35138/organum.v2i1.51.

D. Kelley and T. Brown, An introduction to Design Thinking, Iinstitute Des. Stanford, p. 6, 2018, [Online]. Available: https://dschool-old.stanford.edu/sandbox/groups/designresources/wiki/36873/attachments/74b3d/ModeGuideBOOTCAMP2010L.pdf

Y. I. Mahendra and D. H. Sutanto, Implementasi Metode Hear Them Out, Empathize, Apologize dan Taking Proper Action and Follow Up (Head) Sebagai Pelayanan Prima Bisnis Perhotelan, Ascarya J. Islam. Sci. Cult. Soc. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 6677, 2021, doi: 10.53754/iscs.v1i1.11.

MentorCruise, MentorCruise - Connecting Mentors & Mentees in Tech. https://mentorcruise.com/

Udemy, udemy - Aplikasi Android di Google Play. https://play.google.com/store/search?q=udemy&c=apps&hl=in&gl=US

Cakap, cakap - Aplikasi Android di Google Play. https://play.google.com/store/search?q=cakap&c=apps&hl=in&gl=US

Zenius, zenius - Aplikasi Android di Google Play. https://play.google.com/store/search?q=zenius&c=apps&hl=in&gl=US

W. Darmalaksana and M. Ag, Metode design thinking hadis . 2020. [Online]. Available: http://digilib.uinsgd.ac.id/34057/1/Full-DESIGN THINKING HADIS 04102020.pdf

S. Amalina, F. Wahid, V. Satriadi, F. S. Farhani, and N. Setiani, Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking, Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., no. Oktober, pp. 5055, 2017.

R. Fahrudin and R. Ilyasa, Perancangan Aplikasi Nugas Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development, J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 3544, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.714.

D. Siemon, F. Becker, and S. Robra-Bissantz, How Might We? From Design Challenges to Business Innovation BeDien-Begleitforschung Personennahe Dienstleistungen View project, no. January 2019, 2018, [Online]. Available: www.journalcbi.com

E. C. Shirvanadi and M. Idris, Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center), Automata, 2021.

S. Answer, L. Answer, U. C. Design, A. Rp, and W. One, Wireframe Example, p. 2, 2021.

A. Polaine et al., A guide to prototyping new ideas, Servicedesigntools.Com, vol. 18, no. 3, pp. 186194, 2002, [Online]. Available: http://www.pdcnet.org/oom/service?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=&rft.imuse_id=techne_1999_0004_0003_0186_0194&svc_id=info:www.pdcnet.org/collection%5Cnhttp://scholar.lib.vt.edu/ejournals/SPT/v4_n3html/ROPOHL%5Cnhttp://www.servicedesigntools.org/reposito

E. C. Gunderson, Chapter 2: Background, IAQ Investig. Guid. 2nd Ed., pp. 37, 2009, doi: 10.3320/978-1-931504-68-3.3.

H. Iqbal, E-mentoring: an effective platform for distance learning, E-Mentor, vol. 84, no. 2, pp. 5461, 2020, doi: 10.15219/em84.1463.

W. Budiaji, The Measurement Scale and Number of Responses in Likert Scale, J. Agric. Fish. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 127133, 2013, doi: 10.31227/osf.io/k7bgy.

A. Subiyakto, R. Aisy, B. G. Sudarsono, M. Sihotang, D. Setiyadi, and A. Sani, Empirical evaluation of user experience using lean product and process development: A public institution case study in Indonesia, AIP Conf. Proc., vol. 2331, 2021, doi: 10.1063/5.0041676.

Pengukuran SEQ. https://budhiluhoer3.medium.com/pengukuran-kemudahan-dan-sikap-user-dalam-menyelesaikan-tugas-dengan-seq-5676333c221b