STUDI DESKRIPTIF DAMPAK PANDEMI COVID-19 DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR (STUDI KASUS: MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI STIKUBANK SEMARANG)

Karlina Mulya Febianti, Kristophorus Hadiono

Abstract


Adanya virus Covid-19 pemerintah Negara Indonesia mengalami masa berat terutama di sektor ekonomi, pada aspek kehidupan dan Pendidikan. Sehingga untuk kegiatan Pendidikan pemerintah memberlakukan sekolah daring untuk sementara waktu. Kuliah yang dilakukan secara daring menyebabkan keresahan bagi mahasiswa terutama dalam menyelesaikan tugas akhir. Seperti sulitnya akses jaringan yang tersedia, rasa resah dan cemas yang dialami mahasiswa saat proses menyelesaikan tugas akhir secara daring, kesulitan berkomunikasi dengan dosen dan teman-teman menjadi suatu keresahan yang dialami mahasiswa. Penelitian ini mencari tau seberapa besar dampak yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir pada masa pandemi Covid-19, analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yang meliputi penyajian data melalui grafik, uji validitas, uji deviasi dengan bantuan Bahasa R. berdasarkan dari identifikasi pengujian mengenai faktor penyebab sulitnya mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir dapat dilihat berikut: dari kelima faktor yang dibuat peneliti 1 faktor mendapatkan respon yang positif dari responden dan 4 faktor mendapatkan respon kurang positif dari responden.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.3032

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.3032.g1309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
ISSN 2540-8984
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
STKIP PGRI Tulungagung

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/index
Email : jipi@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.