RANCANG BANGUN FITUR CHAT PADA EPORTOFOLIO BERBASIS WEB

Edo Herlalang
Irwan A. Kautsar


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.2990

Abstract


Dalam penilitian ini dilatar belakangi dengan adanya perkembangan dalam bidang tecknologi dunia modern dari masa ke masa yang semakin maju. Seperti penggunaan ePortfolio yang merupakan portofolio individu dalam format/bentuk elecktronik. Sehingga definisi sebuah ePortfolio sangat dibutuhkan memiliki fitur chat untuk berkomunikasi atau bertukar pesan dalam platform tersebut. Sehingga untuk mengatasi kebutuhan pada fitur tersebut, bisa dilakukan dengan cara menambah racangan fitur chat pada aplikasi ePortfolio atau kolom coment untuk memudahkan berkomunikasi dan berkomentar antara pihak satu dengan pihak lainya. Dengan menggukan bahasa pemograman PHP dan database MySQL sebagai penyimpan, mengatur dan membuat data yang diperlukan dalam merancang aplikasi, diharapkan dapat dikembangkan dan dipelajari dengan mudah oleh perancang sehingga bisa dijalankan pada WEB tersebut, dan juga dapat dijalankan pada aplikasi mobile. Penilitian ini sudah menggunakan metode literatur terhadap aplikasi chat yang ada pada saat ini. Fitur tersebut akan sangat berguna dan sangat efisien, bagi pengguna hasilnya dapat memenuhi kebutuhan pada aplikasi ePortfolio tersebut.


Keywords


ePortfolio; Chat; Komunikasi

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


J. G. A. Salam and A. Fakih, MERANCANG DAN MEMBANGUN APLIKASI CHATING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN DATABASE FIREBASE DI UNIVERSITAS ISLAM AL-IHYA KUNINGAN, p. 5.

R. Dewanti, PENGEMBANGAN E-PORTOFOLIO BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HABITS OF MIND PESERTA DIDIK KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI, p. 82.

F. Adinta and I. Neforawati, RANCANG BANGUN APLIKASI CHATTING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN DOCKER, p. 7.

A. Khairil and R. S. Hayati, RANCANG BANGUN APLIKASI CHATTING KELUARGA MENGGUNAKAN FITUR DEVICE LOCATION BERBASIS ANDROID, p. 10.

D. Hariyanto, R. Sastra, and F. E. Putri, Implementasi Metode Rapid Application Development Pada Sistem Informasi Perpustakaan, vol. 13, no. 1, p. 8, 2021.

T. S. M. Lestari and S. M. Jaya, PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB MELALUI WHATSAPP GATEWAY STUDI KASUS SEKOLAH LUAR BIASA-BC NURANI, no. 1, p. 11, 2021.

Sukiman, Analisis Dan Perancangan Perangkat Lunak Chatting Online Berbasis Web, p. 12.

R. V. Palit, Y. D. Y. Rindengan, A. S. M. Lumenta, and R. Palit, Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang, vol. 4, no. 7, p. 7, 2015.

A. Gunawan and A. Adnan, PERANCANGAN WEBSITE WEBCHAT MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL, vol. 3, no. 1, p. 9, 2016.

A. Firman, H. F. Wowor, and X. Najoan, Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web, p. 8, 2016.

T. Wijaya, M. Rusli, E. Syah Rany, and H. Fryonanda, Membangun Aplikasi Chatbot Berbasis Web Pada CV. Unomax Indonesia, KALBISCIENTIA J. Sains Dan Teknol., vol. 6, no. 2, p. 110, Sep. 2020, doi: 10.53008/kalbiscientia.v6i2.45.