PROTOTYPE PENERAPAN HASIL KOMBINASI KRIPTOGRAFI DIFFIE-HELLMAN, MESSAGE-DIGEST 5 DAN RIVEST CHIPER 4 PADA LAYANAN PESAN SINGKAT SMARTPHONE ANDROID

Deden Sukmana
Sugiarti Sugiarti


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.2881

Abstract


Kebutuhan masyarakat dalam saling bertukar informasi sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Seiring dengan perkembangan teknologi, masyarakat semakin mudah untuk bertukar informasi. Salah satu contohnya menggunakan layanan pesan singkat (Short Message Service) atau biasa disebut SMS. Layanan ini biasa tersedia pada handphone biasa hingga smartphone, namun sekarang seiring berkembangnya jaman terutama perkembangan teknologi smartphone yang semakin canggih, layanan pesan singkat memiliki beberapa kekurangan yang salah satunya ada pada bagian keamanannya yang masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti berencana untuk meningkatkan keamanan pada layanan pesan singkat ini dengan menambahkan algoritma algoritma kriptografi diffie-hellman, message-digest 5, dan rivest chiper 4 pada aplikasi sms berbasis Android. Sehingga, pengguna layanan pesan singkat ini tidak khawatir pesannya akan diketahui oleh oranglain yang tidak berkepentingan. Setelah algoritma kroptografi diffie-hellman, message-digest 5, dan rivest chiper 4 berhasil diimplementasikan pada aplikasi sms android, pesan yang dikirim dan diterima berbentuk chipertext, sehingga orang yang tidak berkepentingan tidak bisa membacanya langsung.


Keywords


Android; Implementasi; Kombinasi; Kriptografi; Sms.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


M. H. Masruri, Buku Pintar Android, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015.

N. Safaat, Aplikasi Berbasis Android, Bandung: Informatika, 2015.

H. Mukhtar, Kriptografi untuk Keamanan Data, Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2018.

J. I. Hanafi and A. Patombongi, "Aplikasi SMS Kriptografi Menggunakan Metode AES Berbasis Android," Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer Catur Sakti, pp. 69-75, 2016.

H. R. Riswanto, K. Safinah, A. N. Muslikah and K. F. Hayati Holle, "Implementasi Teknik Kriptografi Rsa Untuk Pengamanan Data," Jurnal Ilmiah Informatika, 2020.

D. Adhar, "Implementasi Algoritma Des (Data Encryption Standard) Pada Enkripsi Dan Deskripsi Sms Standard) Berbasis Android," Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 2019.

S. F. Rodiyansyah, T. Wahyuni and D. Sukmana, "Kombinasi Kriptografi Diffie-Hellman, Message-Digest 5 Dan Rivest Chiper 4," Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journalof UMUS, 2020.

A. A. Wahid, "Analisis Model Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi," Metode air terjun atau yang sering disebut metode waterfall, pp. 1-5, 2020.

D. W. Trise Putra and R. Andriani, "Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD," Jurnal TEKNOIF, pp. 32-39, 2019.

A. Setyawan and J. Wandyatmono, "Sistem Informasi Penggajian Pegawai Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi," Journal Speed, 2009.

V. Febrian, M. R. Ramadhan, M. Faisal and A. Saifudin, "Pengujian pada Aplikasi Penggajian Pegawai dengan menggunakan Metode Blackbox," Jurnal Informatika Universita Pamulang, vol. 5, no. 1, pp. 61-66, 2020.

L. J. Siagian, Otomatisasi Pengujian Perangkat, Yogyakarta: Deepublish, 2018.

I. T. Islamy, S. T. Agatha, R. Ameron, B. H. Fuad, E. and N. A. Rakhmawati, "Pentingnya Memahami Penerapan Privasi di Era Teknologi Informasi," Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, vol. 11, no. 2, 2018