Perancangan Sistem Informasi Peminjaman Buku Perpustkaan di SMK Tamansiswa Padang

Cavin Nugraha
Heri Mulyono - [ http://orcid.org/0000-0001-5886-1725 ]
Ade Pratama


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.2877

Abstract


Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas penting yang berperan membantu siswa dalam mencari sumber belajar dan mendukung setiap pembelajaran. Beberapa permasalahan yang ada pada SMK Tamansiswa Padang adalah lamanya waktu yang dibutuhkan oleh pustakawan dalam memberikan informasi banyaknya buku, status buku dan transaksi peminjaman buku kepada kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem informasi peminjaman buku yang dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi pustakawan sekolah. Model pengembangan sistem informasi yang digunakan adalah SDLC iterative model. Pada model ini terdapat 3 tahap yaitu 1) design and development, 2) testing dan 3) implementation yang dilakukan secara berulang. Hasil penelitian ini berupa software sistem informasi perpustakaan berbasis desktop yang telah diuji kevalidanya menggunakan pengujian blackbox dan whitebox sehingga sistem ini layak untuk digunakan dalam aktifitas perpustakaan SMK Tamansiswa Padang

Keywords


Perpustakaan; Iterative Model; Sistem Informasi

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Kadir, A, "Gambaran Umum Sistem Informasi dan Teknologi," dalam Pengenalan Sistem Informasi, edisi (Revisi). Yogyakarta, Indonesia, 2014, hal. 8.

Sutabri, "Konsep Dasar," dalam Konsep Sistem Informasi, Jakarta, Indonesia, 2012, hal. 46.

Santi, "Analisa dan Perancangan Sistem," dalam Analisa dan Perancangan Sistem, Pekalongan, Indonesia, 2020, hal. 12.

Kusno Harianto, Heny Pratiwi, Yonatan Suhariyadi, "Tracer Study Berbasis Online," dalam Sistem Monitoring Lulusan Perguruan Tinggi dalam Memasuki Dunia Kerja Menggunakan Tracer Study, Surabaya, Indonesia, 2019, hal. 16.

Mulyadi, "Perpustakaan dan Teknologi," dalam Pengelolaan Otomasi Perpustakaan berbasis Senayan Library Management System (SLiMS), Depok, Indonesia, 2021, hal. 19.

Dr. Hartono, "Pendahuluan," dalam Transformasi Perpustakaan dalam Ekosistem Digital, Jakarta, Indonesia 2020, hal. 4.

Hidayat, T., & Muttaqin, M. (2018). Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis. Jurnal Teknik Informatika UNIS JUTIS, 6(1), 22525351. www.ccssenet.org/cis

Hadiprakoso, R. B., "Implementasi Perangkat Lunak" dalam Rekayasa Perangkat Lunak, Jakarta, Indonesia, 2020, hal. 248.