SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LEMBUR KARYAWAN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Muhammad Alvian Ardiansyah
Umi Chotijah


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2875

Abstract


PT. Sinergi Informatika Semen Indonesia merupakan sebuah perusahaan dalam bidang jasa informasi teknologi dan juga menjadi anak perusahaan dari PT. Semen Indonesia. Di PT. Sinergi Informatika Semen Indonesia ini sendiri belum terdapat sistem penentuan keputusan lembur karyawan dalam pelaksanaanya di lapangan. Lembur itu sendiri dapat diartikan dengan suatu kegiatan yang dilakukan karena suatu proses produksi tidak bisa diselesaikan dalam satu waktu. Faktor-faktor pendukung dalam lembur itu sendiri wajib disertai dengan tenaga kerja, material, dan peralatan kerja yang mendukung. Untuk mengatasi beberapa faktor penunjang tersebut membutuhkan beberapa pembiayaan tambahan terhadap karyawan atau tenaga kerja yang meluangkan waktu lebih untuk menyelesaikan pekerjaan. Dalam bekerja lembur hal yang perlu diperhatikan tentunya juga kekuatan fisik dalam melakukan pekerjaan tambahan. Dalam menentukan karyawan yang akan bekerja lembur maka menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Kriteria yang digunakan dalam penentuan tenaga kerja lembur adalah dengan kriteria pembobotan.Terdapat beberapa kriteria yang ditentukan dalam pemilihan karyawan yang akan bekerja secara lembur yaitu terdiri dari tiga hal yaitu etos kerja, kemampuan dan pengalaman. Tujuan Output dari sistem itu sendiri adalah mencari alternatif yang memiliki nilai bobot tertinggi sehingga akan diperoleh karyawan yang akan bekerja secara lembur untuk menyelesaiakan pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan dalam satu waktu oleh perusahaan. Menggunakan Metode AHP itu sendiri dipilih karena data yang akan diinputkan sedikit, sehingga akan efisien dalam menentukan karyawan yang lembur

Keywords


Lembur; Kriteria; Subkriteria; Metode AHP;

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Abdul Mutholib, Silvia Febrina. 2018. Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Aplikasi Pendukung Keputusan Sele-ksi Karyawan Unicharm Indonesia, Jurnal Sistem Informasi. Teknologi Informatika dan Komputer.

Aji Sasongko, Indah Fitri Astuti, Septya Maharani. 2018. Pemilihan Karyawan Baru Dengan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process). Jurnal Informatika Mulawarman.

Bayu Hartono, Muh. Hasbi, Tri Irawati,2019. Sistem Informasi Penggajian Pegawai Secara Multiuser Pada Stikes Duta Gama Klaten. Jurnal Ilmiah SINUS.

Ebedia Hilda Am, Erna Kumalasari N., Rr. Yuliana Rachmawati K. 2020. Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Framework Laravel. Jurnal SCRI.

Faisal, 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perangkat Lunak Layanan Pengolah Pemungutan Suara Elektronik Dalam Men-dukung Pemberdayaan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Teknologi Informasi.

R. J. Vidmar. (Agustus 2019). On the use of atmospheric plasmasaselectromagneticreflectors. IEEETrans. PlasmaSci.[Online].21(3),hal. 876880. Tersedia:http://www.halcyon.com/pub/journals/21ps03-vidmar

Frieyadie. 2018. Penerapan Metode AHP Sebagai Pendukung Keputusan Penetapan Beasiswa. Jurnal Pilar Nusa Mandiri.

Sari. 2018. Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor Untuk Menentukan Jenis Gangguan Dis-leksia Berbasis Web. Jurnal Infokar. Politeknik Meta Industri.

Sean A. M. Pebakirang, Agung Sutrisno, Johan Neyland. 2021. Penerapan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk Pemilihan Supplier Suku Cadang di PLTD Bitung. Jurnal Online Poros Teknik Mesin.

Thomson Mary. 2018. Yusran. Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) Pemilihan Metode Pembelajaran untuk Mata Kuliah Praktikum yang Berbasiskan Bahasa Pemrograman Komputer. Jurnal Edik Informatika, Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika.