IMPLEMENTASI APLIKASI MIND MAPPING SEBAGAI PERANGKAT PEMBELAJARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0

Sokip Sokip, Meini Sondang Sumbawati, Nurmida Catherine Sitompul

Abstract


Penelitan pengembangan ini mempunyai tujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelaajran menggunakan aplikasi mind mapping agar siswa tidak hanya menjadi objek pembelajaran, namun menjadi subjek serta pelaku dalam proses pembelajaran mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Penelitian dan pengembangan ini mempunyai inovasi dalam era revolusi 5.0 ini untuk menumbuhkan rasa percaya diri sebagai siswa untuk belajar mandiri dan berfikir kreatif, awalnya perangkat pembelajaran berupa cetakan, inilah yang menjadikan permasalahan awal seorang guru yang hanya fokus pada perangkat pembelajaran yang tidak pernah melihat krakteristik dan gaya belajar siswa. Perangkat pembelajaran menggunakan aplikasi mind mapping dapat dikembangkan dengan beberapa unsur media, diantarnaya gambar, video dan suara. Dalam pengujian validasi kelayakan dilakukan oleh ahli desain pembelajaran dan ahli materi, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan sasaran penelitian siswa kelas VIII di MTs Hasyim Asy’ari Ds. Suru Kec. Dawarblandong Kab. Mojokerto Dawarblandong mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Hasil validasi ahli desain pembelajaran dari uji kelayakan perangkat pembelajaran menggunakan aplikasi mind mapping dengan rata-rata persentase sebesar 80%, sedangkan hasil validasi ahli materi dengan rata-rata persentase sebesar 76,36%. Pengujian perorangan didapatkan hasil rata-rata 77,82%, pada pengujian kelompok kecil memperoleh rata-rata 80,24%, dan pada pengujian kelompok besar memperoleh 81,20%. Dari validasi dan uji coba yang telah dilakukan maka perangkat pembelajaran menggunakan aplikasi mind mapping telah memenuhi persyaratan kelayakan sehingga dapat digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran.

Keywords


Perangkat pembelajaran; Mind mapping; Revolusi industri 5.0;

Full Text:

PDF

References


Ida kholida, suprianto, 2015, penerapan model kooperatif dengan metode peta konsep pada pokok bahasan gerak melingkar untuk menuntaskan hasil belajar siswa di MA Sabilul Muttaqien jurnal pemikiran penelitian pendidikan dan sains issn: 2337-9820

Humairah, Nur Aisyah (2017) yang berjudul Upaya Meningatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Peta Kon-sep dalam Pembelajaran Fisika Kelas VII SMP Negeri 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Saintifik Vol. 3 No. 1.

DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2006. Quantum Learning: Membiaasakan Belajar Nyaman & MEnyenangkan. Bandung: PT.Mizah Pustaka

Buzan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Juliana Alifa dkk. (2017).Mind Map Pada Pokok Bahasan Momentum, Impuls dan Tumbukan. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 6. No. 4

Sri Rumini, dkk. (2006). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Melor Md Yunus dan Chan Hua Chien .(2016). The Use of Mind Mapping Strategy in Malaysian University English Test (MUET) Writing. Faculty of Education, Universiti Kebangsaan Malaysia, Bangi, Malaysia. Creative Education, 7, 619-626

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ali, Mudlofir. 2011. Aplikasi KTSP dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Ilmiah, D. M., & Winarso, W. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKS SOSIOKULTURAL KOTA CIREBON DALAM PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kepen-didikan. https://doi.org/10.24090/insania.v24i1.1798

Fidian Dini Arinda (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Ilmu pengetahuan sosial smp. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(4).

Irwansyah, R. S. P. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif Namun Tidak Efisien,Studi Media Richness Theory Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Di Masa Pandemi. Global Komunika.

Mustaji and Angko. (2013). Pretest Posttest Group . Kwangsan, 1(1), 1–15.

Melor Md Yunus dan Chan Hua Chien .(2016). The Use of Mind Mapping Strategy in Malaysian University English Test (MUET) Writing. Faculty of Education, Universiti Kebangsaan Malaysia, Bangi, Malaysia. Creative Education, 7, 619-626

Kemendikbud.2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Per-bukuan, Balitbang Kemendikbud

Noviyanti, N., & Gamaputra, G. (2020). Model Pengembangan ADDIE Dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif di Prodi D-III Administrasi Negara FISH Unesa). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 4(2), 100. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v4i2.2458

Humairah, Nur Aisyah (2017) yang berjudul Upaya Meningatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Peta Kon-sep dalam Pembelajaran Fisika Kelas VII SMP Negeri 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Saintifik Vol. 3 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2844

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2844.g1184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
ISSN 2540-8984
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
STKIP PGRI Tulungagung

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/index
Email : jipi@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.