PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS PADA ANAK USIA4-5 TAHUN

Rizky Wahyuning Lyla, Marianus Subandowo, Sugito Sugito

Abstract


Minimnya media pembelajaran pada anak usia dini terutama pada materi pembelajaran sains pada anak usia 4-5 tahun menjadi landasan pengembangan media pembelajaran ini. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk Media Pembelajaran E-Book yang menarik perhatian siswa, menumbuhkan motivasi belajar, interaktif, menyenangkan dan dilihat dari kreteria kevalidan (validity), kepraktisan (practically) dan efektifan (effectiveness). penyampaian materi dikemas di dalam Media Pembelajaran E-Book. penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation). hasil pengembangan adalah Media Pembelajaran E-Book yang mendapatkan respon positif oleh para ahli yaitu ahli, media, ahli isi, ahli desain serta layak digunakan. Hasil pengembangan adalah Media Pembelajaran E-Book yang mendapat respon positif dari pakar, media, pakar konten, pakar desain dan layak digunakan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ahli materi/isi, ahli desain, kelompok kecil dan kelompok besar dengan respon siswa sebesar 95,65%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Media E-Book sangat layak digunakan berdasarkan hasil tanggapan siswa karena dapat meningkatkan minat siswa dalam mengenal sains (2) Media E-Book yang telah dikembangkan sangat efektif untuk belajar anak usia 3-4 tahun.


Keywords


media, e-book, konsep sains, anak usia 4-5tahun.

Full Text:

PDF

References


Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010.

Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Pada Konsep Pemanasan Global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2). https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.862.

Alfiana, H. (2021). Peningkatan model SAMR serta penerapannya untuk pembelajaran online yang mendalam. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1)

Almelhi, A. M. (2021). Effectiveness of the ADDIE Model within an E-Learning Environment in Developing Creative Writing in EFL Students. English Language Teaching, 14(2). https://doi.org/10.5539/elt.v14n2p20.

Aprillia, N., Pathoni, H., & Alrizal, A. (2021). Pengembangan E-Book Fisika Dasar Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Usaha, Energi, Impuls, dan Momentum. Edumaspul: Jurnal ….

Banamtuan, M. F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Menggunakan Aplikasi 3d Pageflip Standar. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 2(1). https://doi.org/10.52220/sikip.v2i1.71.

Endiawan, A. S., Fathurohman, I., & Santoso. (2021). Development Design Technology Comic Literacy Android Based E-book. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012072.

Fazat Azizah, L., Habibi, H., Mariyam, S., & Anekawati, A. (2020). Pengenalan Konsep Sains Pada Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Experimental Method (Studi Kasus Pada Tk Negeri Pembina Sumenep). LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 1(1). https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.99.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122.

H, N., Arnidah, A., & Hasfat, H. (2021). The Development of Multimedia-Based Digital Simulation E-Book For Vocational Schools. Journal of Educational Science and Technology (EST). https://doi.org/10.26858/est.v0i0.19193.

Hafizah, E., & Nurhaliza, S. (2021). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1). https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.9497.

Kurniawan, R., Kurniasari, F., & Rakhmawati, R. (2021). Pengembangan Animasi Virtual Karakter Anak dengan Autisme dengan Model ADDIE. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 10(1).https://doi.org/10.22146/jnteti.v10i1.894.

Lear, B. A., & Pritt, A. L. (2021). ‘We Need Diverse E-Books:’ Availability of Award-Winning Children’s and Young Adult Titles in Today’s E-Book Platforms. Collection Management, 46(3–4). https://doi.org/10.1080/01462679.2021.1908194.

Muliani, M., Marhami, M., & ... (2021). Persepsi Mahasiswa Calon Guru Tentang Literasi Sains. JISIP (Jurnal Ilmu ….

Musyoyih, & Salsabila, A. (2020). Kontribusi Konsep Sains Islam Mehdi Golshani dalam Menyatukan Epistemologi Agama dan Sains. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2.

Nadawiyyah, H., & Anggraeni, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran tajwid berbasis aplikasi Android. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jitp.v8il.32661.

Ning, D. R., Roshayanti, F., & Siswanto, J. (2020). Profil Literasi Sains Dan Berfikir Kreatif Siswa SMP Negeri 11 Pekalongan. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2). https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.6905.

Novali?, F., Azizovi?, E., Selimovi?, F., & Sara?evi?, M. (2021). The Importance of Implementing a Multimedia Application Created according to the ADDIE Instructional Design Model in Writing and Reading the Letters of the Alphabet / Važnost primjene multimedijske aplikacije stvorene prema ADDIE modelu za pou?avanje pisanja i ?itanja slova. Croatian Journal of Education - Hrvatski ?asopis Za Odgoj i Obrazovanje, 23(1). https://doi.org/10.15516/cje.v23i1.3888.

Pradipta, D. D., & Kustijono, R. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Ketrampilan Proses Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 06(03).

Ranuharja, F., Ganefri, G., Fajri, B. R., Prasetya, F., & Samala, A. D. (2021). Development Of Interactive Learning Media Edugame Using ADDIE Model. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.24036/tip.v14i1.412.

Reksamunandar, R. P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Dasar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(2). https://doi.org/10.30984/jii.v14i2.1169.

Ryazanova, N., Semak, A., & Kazakova, E. (2021). ADDIE Educational Technology For Coursework Design In Environmental Education For Sustainable Development In Russia. E3S Web of Conferences, 265. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202126507001.

Saputra, H., & Putra, A. M. A. (2021). Pengembangan framework pembelajaran kolaboratif untuk institusi pemerintah menggunakan ADDIE dan ISO 20000. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jitp.v8il.36054.

Sari, M., Murti, S. R., Habibi, M., Laswadi, L., & Rusliah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan 3D Pageflip Profesional Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.490.

Sari, S. M., Sinaga, B., & Suyanti, R. D. (2021). Personal Learning Environment Bersinergi Dengan Teknology Pedagogic Conten Knowledge Terhadap Keterampilan Proses Sains. Educate: Jurnal …, 6(1).

Schwartz, L. L. (1975). Motivation and Achievement (Book). Journal of Personality Assessment. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa3906_16.

Siahaan, K. W. A., Lumbangaol, S. T. P., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Basicedu, 5(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.614.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (25th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sumarni, R., Soesilawati, S. A., & Sanjaya, Y. (2021). Literasi Sains Dan Penguasaan Konsep Siswa Setelah Pembelajaran Sistem Ekskresi Menggunakan Pedoman Praktikum Berbasis Literasi Sains. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(1). https://doi.org/10.17509/aijbe.v4i1.34824.

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692.

Wijaya, L. T. T., Jamaluddin, J., & Hadiprayitno, G. (2020). Penguasaan Konsep Sains Peserta Didik SMP Berdasarkan Dimensi Proses Kognitif dan Dimensi Pengetahuan. Jurnal Pijar Mipa, 15(4). https://doi.org/10.29303/jpm.v15i4.1912.

Zulaiha, D., & Rohman, A. (2020). Strategi Guru dan Keterlibatan Orangtua dalam Pemahaman Konsep Sains Anak Selama Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.816.




DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2714

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2714.g1173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
ISSN 2540-8984
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
STKIP PGRI Tulungagung

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/index
Email : jipi@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.