SISTEM INFORMASI APOTEK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA SEQUENTIAL SEARCH DAN SELECTION SORT

Lasriana Lasriana
Aris Gunaryati - [ https://orcid.org/0000-0003-3314-3262 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2709

Abstract


Saat ini proses pencatatan transaksi penjualan dan pembelian obat di Apotik Marlasria masih secara manual yaitu menggunakan buku besar dan sangat tidak tertata dengan rapi. Sehingga hal ini sangat tidak efektif dan efisien serta dapat menimbulkan kesalahan pada saat input data, pencatatan penjualan, pencatatan pembelian maupun dalam pencarian informasi obat-obatan para karyawan sering sekali mengalami kesulitan. Oleh karena itu hal ini dilakukan untuk mendesain sistem informasi web dengan menggunakan metode waterfall serta menggunakan algoritma sequential search untuk klasifikasi pencarian nama obat, kategori, tanggal kedaluarsa, harga jual atau unit obat dan algoritma selection sort untuk mengurutkan data dari ascending atau descending dari data barang obat atau tanggal masa kedaluarsa. Dengan adanya system informasi yang telah dirancang ternyata memudahkan pihak Apotik Marlasria untuk mencari informasi data obat, pada saat input data transaksi dan dapat mempermudah untuk mengecek obat yang perlu distok kembali supaya tidak terjadi kesalahan dalam proses pembelian barang atau habis masa kedaluarsa.


Keywords


Selection sort, Sequential Search, Sistem Informasi, Waterfall

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


H. Sugiarto and R. Sibarani, "Rancang Bangun Aplikasi Persediaan Obat Pada Klinik Umum Grace Medika Cikarang," IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology, vol. 4, no. 1, pp. 80-88, 2019.

M. Utami and Y. Apridiansyah, "Implementasi Algoritma Sequential Searching Pada Sistem Pelayanan Puskesmas Menggunakan Bootstrap (Studi Kasus Puskesmas Kampung Bali Bengkulu)," JSAI, vol. 2, no. 1, pp. 81-86, 2019.

N. I. K. Dewi and S. Z. Harahap, "Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Toko Obat Anugerah Rantauprapat Berbasis Web," Journal of Student Development Informatics Management (JoSDIM), vol. 1, no. 1, pp. 25-34, 2021.

A. Fauzi and D. Wulandari, "Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Obat Berbasis Website dengan Menggunakan Metode Waterfall," Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), vol. 6, no. 1, pp. 71-82, 2020.

P. Noviandhiny, "Rancang Bangun Aplikasi Penjualan dan Pembelian Berbasis Web Pada Apotek Neofarma Sanggau," Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), vol. 6, no. 3, pp. 133-138, 2018.

P. Wahyuningsih and N. Mustika, "SISTEM INFORMASI LOKASI SEJARAH PAHLAWAN SULAWESI SELATAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SEQUENTIAL SEARCH BERBASIS ANDROID," Jurnal Electro Luceat, vol. 6, no. 2, pp. 1-7, 2020.

Z. F. Hakim, "Implementasi Metode Selection Sort Untuk Menentukan Barang Yang Harus Di Stok Ulang Dalam Sistem Informasi Penjualan," Journal of Information Engineering and Educational Technology, vol. 1, no. 1, pp. 18-26, 2017.

D. I. Permatasari, "Pengujian Aplikasi Menggunakan Metode Load Testing dengan Apache Jmeter pada Sistem Informasi Pertanian," Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), vol. 8, no. 1, pp. 135-139, 2020.

C. P. Agustika, W. S. Saputra and M. Idhom, "PENGUJIAN APLIKASI GREENWALLET DENGAN METODE LOAD TESTING DAN APACHE JMETER," Jurnal Informatika dan Sistem Informasi (JIFoSI), vol. 2, no. 2, pp. 190-195, 2021.

S. Monalisa, E. D. P. Putra and F. Kurnia, "Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Obat Pada Rumah Sakit Jiwa Tampan Berbasis Web," Jurnal Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, pp. 58-65, 2018.

Y. P. Sari, "Rancang Bangun Aplikasi Penjualan dan Persediaan Obat Pada Apotek Merben," JSK, vol. 1, no. 1, pp. 81-88, 2017.