INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER: MODUL MATEMATIKA DENGAN APLIKASI GEOGEBRA

Ahmad Faizun Daroini, Iskandar Wiryokusumo, Ibut Priono Leksono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran dengan Aplikasi GeoGebra untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi Sudut dalam Dimensi Tiga pada siswa kelas XII SMA. Langkah pengembangan modul mengadopsi langkah-langkah desain pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Agar menghasilkan modul dengan kualitas yang baik dilakukan Uji coba produk yang melibatkan ahli isi, ahli desain pembelajaran, siswa pada uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan, serta guru matematika pada uji lapangan. Data kelayakan produk dikumpulkan dengan angket. Sedangkan, untuk menguji efektivitas modul dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dilakukan pretest-posttest yang dianalisa dengan uji t berpasangan. Modul Geogebra yang dikembangkan memiliki kelayakan 70% dari ahli isi dan 88% dari ahli desain pembelajaran, 90% dari uji perorangan, 81% dari uji kelompok kecil dan 87% dari uji lapangan. Penggunaan modul pada pembelajaran terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika berdasarkan uji-t yang mana nilai signifikansinya 0,000. Hasil ini didukung dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest sebesar 4,97. Dari hasil angket, siswa menyatakan bahwa penerapan modul Geogebra dalam pembelajaran juga membantu meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan demikian penerapan modul Geogebra dapat mendukung pembelajaran matematika secara online maupun pembelajaran tatap muka dengan pemanfaatan teknologi.

Keywords


Modul Matematika, Geogebra, pemahaman konsep, pembelajaran online, 4D model

Full Text:

PDF

References


H. Alfiana, “Peningkatan Model SAMR serta Penerapannya untuk Pembelajaran Online yang Mendalam,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 8, no. 1, 2021, doi: https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.42026.

N. Fajri and I. Nida, “Analisis Kesulitan Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Aceh Barat Daya pada Materi Trigonometri,” J. Ilm. Pendidik. Mat. Al Qalasadi, vol. 3, no. 2, pp. 12–22, 2019.

N. R. Siregar, “Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game,” Pros. Temu Ilm. X Ikat. Psikol. Perkemb. Indones., pp. 224–232, 2017.

S. Z. Sholihah and E. A. Afriansyah, “Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, pp. 287–298, 2018.

R. Husna, Y. Roza, and M. Maimunah, “Identifikasi Kesulitan Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 7, no. 2, pp. 428–436, 2021.

H. Nabila and D. Sulistiyaningsih, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Microsoft Teams Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang,” EDUSAINTEK, vol. 4, 2020.

D. E. Kurniawan and M. Makin, “Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Educ. Dev., vol. 9, no. 2, pp. 47–51, 2021.

A. F. Daroini and H. Alfiana, “Kesulitan Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi: Kebutuhan Akan Modul Untuk Belajar Mandiri,” 2021.

P. Zuliyanti, S. Sukirwan, and Y. Yuhana, “Persepsi Siswa SMA Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 1462–1475, 2021.

N. Wijayanti and S. A. Widodo, “Studi Korelasi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Daring,” J. Instr. Math., vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2021.

A. P. Rahadi, “Kajian Teori Penyelesaian Masalah Jarak dan Sudut Pada Bangun Ruang Dimensi Tiga Menggunakan Pendekatan Vektor,” J. Padegogik, vol. 1, no. 1, 2018.

F. Razak and A. B. Sutrisno, “Analisis Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent,” Edumatica J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 02, pp. 22–29, 2017.

D. Handayani, A. Hartoyo, and R. Ijuddin, “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-ended Materi Dimensi Tiga di SMK,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 8, no. 6, 2019.

D. T. Asri, “Hambatan Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sudut pada Dimensi Tiga dan Scaffoldingnya,” Universitas Negeri Malang, 2018.

W. Suhady, Y. Roza, and M. Maimunah, “Identifikasi Kesalahan Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Dimensi Tiga,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, pp. 494–504, 2019.

I. Marfu’ah, S. Julaeha, and A. Solihah, “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga pada Materi Pokok Dimensi Tiga terhadap Hasil Belajar Matematika,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 4, no. 2, 2019.

P. Pitriani, “Pengembangan LKS berbasis PBL berbantuan Cabri 3D Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA,” FIBONACCI J. Pendidik. Mat. Dan Mat., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2017.

M. Faradisa, “Penggunaan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika Materi Poligon dan Sudut Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Siswa,” J. Equ. Teor. dan Penelit. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 166–172, 2019.

Y. Zengin, “Incorporating the dynamic mathematics software GeoGebra into a history of mathematics course,” Int. J. Math. Educ. Sci. Technol., vol. 49, no. 7, pp. 1083–1098, 2018.

M. Hohenwarter and K. Fuchs, “Combination of Dynamic Geometry, Algebra and Calculus in the Software System GeoGebra,” in Computer algebra systems and dynamic geometry systems in mathematics teaching conference, 2004, pp. 1–6.

N. M. Onaifoh and C. O. Ekwueme, “Innovative Strategies on Teaching Plane Geometry using Geogebra Software in Secondary Schools in Delta State,” Glob. J. Educ. Res., vol. 16, no. 1, pp. 56–62, 2017.

E. S. Haciomeroglu, L. Bu, R. C. Schoen, and M. Hohenwarter, “Learning to Develop Mathematics Lessons with GeoGebra,” MSOR Connect., vol. 9, no. 2, pp. 24–26, 2009.

A. Nurcahyo, N. Ishartono, M. Waluyo, and N. A. Sudibyo, “Pelatihan Penggunaan Software Geogebra Untuk Guru-Guru SMA Muhammadiyah Se-Sukoharjo Pada Materi Transformasi Geometri,” KOMMAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 66–74, 2020.

I. Magfirah, Y. Zakaria, R. Iye, R. Bugis, and A. Azwan, “Pemanafaatan Aplikasi Geogebra sebagai Pembelajaran Matematika di SMA kabupaten Buru,” Sang Pencerah J. Ilm. Univ. Muhammadiyah But., vol. 7, no. 1, pp. 148–158, 2021.

A. B. Kusuma and A. Utami, “Penggunaan Program Geogebra dan Casyopee dalam Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa,” J. Mercumatika J. Penelit. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 119–131, 2017.

I. L. Fasa, E. Firmansyah, and D. Y. Pratama, “Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Geogebra,” Pas. J. Math. Educ. J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, pp. 82–91, 2020.

S. Jelatu, Sariyasa, and I. M. Ardana, “Effect of GeoGebra-Aided REACT Strategy on Understanding of Geometry Concepts.,” Int. J. Instr., vol. 11, no. 4, pp. 325–336, 2018.

L. P. Krisnayani, D. Waluyo, and M. Suarsana, “Pengembangan LKS Berbasis Software Geogebra pada Pokok Bahasan Geogebra Kelas X SMA/SMK,” J. Pendidik. Mat. Undiksha, vol. 9, no. 1, pp. 1–11, 2019.

M. Sabarudin, N. Aisyah, and E. Susanti, “Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbantuan Geogebra 5 Untuk Pembelajaran Materi Jarak Dan Sudut Di Ruang Dimensi Tiga,” Sriwijaya University, 2018.

S. Thiagarajan, S. D. Semmel, and I. M. Semmel, “Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook,” ERIC, 1974.

H. Setyowati, I. Wiryokusumo, and Sugito, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Materi Transformasi Geometri di Kelas XI SMK,” J. Educ. Dev. IPTS, 2019.

E. W. Wulansari, S. Kantun, and P. Suharso, “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017,” J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., 2018.

H. S. Tanjung and S. A. Nababan, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (pbm) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh,” Genta Mulia J. Ilm. Pendidik., vol. 9, no. 2, 2018.

N. A. Fatirul, Metode Penelitian dan Pengembangan: Kajian Tahapan Penelitian dan Pengembangan. Surabaya: CV. Zifatama Jawara, 2018.

R. Likert, “A Technique for the Measurement of Attitudes.,” Arch. Psychol., 1932.

A. Joshi, S. Kale, S. Chandel, and D. K. Pal, “Likert scale: Explored and Explained,” Br. J. Appl. Sci. & Technol., vol. 7, no. 4, p. 396, 2015.

Riduwan, Skala Pengukuran dan Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2016.

Y. Hanggara and R. N. Aini, “Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran untuk Siswa Kelas VIII Smpn 11 Bintan,” JIPMat, vol. 5, no. 2, pp. 240–247, 2020, doi: 10.26877/jipmat.v5i2.3962.

Y. Rahmadani, T. Tayeb, and B. Baharuddin, “Modul Matematika Berbasis Model Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras,” Lentera Pendidik., vol. 21, no. 1, pp. 23–32, 2018.

I. Eryanti, “Pengaruh Strategi Belajar Peta Konsep Terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Siswa,” FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 1, no. 2, pp. 45–58, 2015.

N. Hamidah, I. N. Afidah, L. W. Setyowati, S. Sutini, and J. Junaedi, “Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra Pada Materi Fungsi Kuadrat Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik,” J. Educ. Learn. Math. Res., vol. 1, no. 1, pp. 15–24, 2020.

K. S. Octamela, G. Suweken, and I. M. Ardana, “Pemahaman Matematis Siswa Dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan Geogebra,” JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, p. 305, 2019, doi: 10.33603/jnpm.v3i2.1761.

B. Cahyanto and M. Afifulloh, “Electronic Module (E-Module) Berbasis Component Display Theory (CDT) Untuk Matakuliah Pembelajaran Terpadu,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 49–56, 2020.

I. R. Lukman and A. M. Ulfa, “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kimia Siswa SMA Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 7, no. 2, pp. 157–164, 2020.

L. Gonadi, “Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Pengembangan Sistem Informasi E-Lesson Plan,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran), vol. 8, no. 1, pp. 146–156, 2021, doi: 10.17977/um031v8i22021p146.

H. Alfiana, H. Karyono, and W. Gunawan, “Analisis Butir Tes Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pengetahuan Prosedural Grammar Bahasa Inggris,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran), vol. 8, no. 1, p. 12, 2021, doi: 10.17977/um031v8i12021p020.

S. Belgheis and R. Kamalludeen, “The Intention to Use GeoGebra in the Teaching of Mathematics among Malaysian Teachers.,” Malaysian Online J. Educ. Technol., vol. 6, no. 1, pp. 109–115, 2018.

A. I. Sugandi, M. Bernard, and L. Linda, “Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Di Era Covid-19,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 4, pp. 993–1004, 2020.

K. D. Dewi, S. S. Khodijah, and W. Setiawan, “Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Bingkai Cendekia Cililin Berbantuan Aplikasi Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri,” J. Pembelajaran Mat. Inov., vol. 3, no. 1, pp. 49–58, 2020.

A. Septian and E. Komala, “Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP,” Prisma, vol. 8, no. 1, pp. 1–13, 2019.

M. A. Alkhateeb and A. M. Al-Duwairi, “The Effect of Using Mobile Applications (GeoGebra and Sketchpad) on the Students’ Achievement,” Int. Electron. J. Math. Educ., vol. 14, no. 3, pp. 523–533, 2019.

Y. S. Kusumah, D. Kustiawati, and T. Herman, “The Effect of GeoGebra in Three-Dimensional Geometry Learning on Students’ Mathematical Communication Ability.,” Int. J. Instr., vol. 13, no. 2, pp. 895–908, 2020.

R. F. Muldiani et al., “Pengembangan Media Pembelajaran Daring IPA dan Matematika di SMK Peternakan Juara Subang Melalui Bantuan Alat Peraga dan Video Demonstrasi,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 10, no. 2, 2021.

S. Aji, M. N. Hudha, and A. Rismawati, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika,” SEJ (Science Educ. Journal), vol. 1, no. 1, pp. 36–51, 2017.

A. D. Ismail and A. F. Jamil, “Pengembangan Modul Berbasis Matematika Realistik Bercirikan Budaya Indonesia,” Kalamatika J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 177–192, 2019, doi: 10.22236/kalamatika.vol4no2.2019pp177-192.

Z. Zaharah and A. Susilowati, “Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Modul Elektronik Di Era Revolusi Industri 4.0:(Improving Students’ Learning Motivation through Electronic Module Media in the Industrial Revolution 4.0),” BIODIK, vol. 6, no. 2, pp. 145–158, 2020.

A. D. Puspitasari, “Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA,” J. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 1, pp. 17–25, 2019.




DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2696

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2696.g1178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
ISSN 2540-8984
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
STKIP PGRI Tulungagung

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/index
Email : jipi@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.