E-MODUL KIMIA PERUBAHAN MATERI DAN PEMISAHAN CAMPURAN UNTUK PEMBELAJARAN DARING DI SMK

Yaniek Sri Purwati, Marianus Subandowo, Wawan Gunawan

Abstract


Kimia merupakan salah satu mata pelajaran tersulit bagi siswa SMK. Selama masa darurat Covid-19, pembelajaran Kimia di SMK dilaksanakan secara online. Adanya persepsi siswa tentang sulitnya pelajaran Kimia, kini ditambah dengan tantangan pembelajaran daring. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan e-modul untuk mendukung pembelajaran daring Kimia di SMK. Model pengembangan yang dipilih adalah model Dick and Carey. Proses validasi produk melibatkan 1 ahli isi dan 1 ahli desain pembelajaran. Uji kelayakan produk mengikutsertakan 3 siswa pada uji perorangan, 9 siswa pada uji kelompok kecil, 21 siswa dan 1 guru Kimia pad uji lapangan. Data pada proses uji coba dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk menilai kelayakan produk. Menurut ahli isi e-modul sangat baik dengan persentase 85,67% dan penilaian ahli desain pembelajaran e-modul sangat baik dengan kelayakan 85,56%. Pada uji coba perorangan e-modul sangat baik dengan persentase 87,57%, dari uji coba kelompok kecil e-modul berada pada kualifikasi sangat baik, yaitu 80,03% dan berdasarkan uji coba lapangan untuk siswa dan guru kimia, masing-masing berada pada kualifikasi sangat baik yaitu 82,45%.


Keywords


e-modul kimia pembelajaran daring,model dick n carey

Full Text:

PDF

References


N. F. Azzahra, “Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19,” Cent. Indones. Policy Stud., 2020.

A. I. Almuttaqi, “Kekacauan Respons terhadap COVID-19 di Indonesia,” Thc Insigjts, 2020.

H. Herlina and M. Suherman, “Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar,” Tadulako J. Sport Sci. Phys. Educ., 2020.

A. F. Aufar and S. T. Raharjo, “Kegiatan Relaksasi Sebagai Coping Stress Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Kolaborasi Resolusi Konflik, vol. 2, no. 2, 2020.

H. Alfiana, H. Karyono, and W. Gunawan, “Analisis Butir Tes Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pengetahuan Prosedural Grammar Bahasa Inggris,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran), vol. 8, no. 1, p. 12, 2021, doi: 10.17977/um031v8i12021p020.

P. Megawanti, “Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ pada Masa Pandemi Covid 19,” Fakt. J. Ilm. Kependidikan, vol. 7, no. 2, pp. 75–82, 2020.

A. F. Daroini and H. Alfiana, “Kesulitan Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi: Kebutuhan Akan Modul Untuk Belajar Mandiri,” 2021.

H. Alfiana, “Peningkatan Model SAMR serta Penerapannya untuk Pembelajaran Online yang Mendalam,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 8, no. 1, 2021, doi: https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.42026.

R. S. S. Aisyah, Solfarina, and U. Yuliantika, “Pengembangan E-Modul Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit (ELNOEL),” Hydrog. J. Kependidikan Kim., vol. 9, no. 1, pp. 19–29, 2021, [Online]. Available: http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/hydrogen/index%0AJuni.

N. Khamidah, W. Winarto, and V. R. Mustikasari, “Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa,” JIPVA (Jurnal Pendidik. IPA Veteran), 2019.

N. H. Muttaqin, S. Yamtinah, and S. B. Utomo, “Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Diskusi dan Media Hyperchem untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Ikatan Kimia Kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017,” J. Pendidik. Kim., 2018.

Y. Yahdi, S. Hajaroh, and I. Marhamah, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis,” SPIN J. Kim. Pendidik. Kim., vol. 2, no. 1, pp. 68–82, 2020.

G. P. Iswara, D. Kuswandi, and A. Husna, “Pengembangan Multimedia Interaktif dilengkapi dengan Simulasi untuk Memvisualisasikan Reaksi Kimia pada Materi Larutan Penyangga SMA Kelas XI,” JINOTEP (Jurnal Inov. Teknol. Pembelajaran), vol. 6, no. 2, pp. 58–68, 2020.

R. N. Sari and E. T. W. Maharani, “Implementasi Media Pembelajaran Kimia Berbasis Digital dalam Storyboard pada Materi Larutan Penyangga Bufferpedia’’sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Kelas XII,” in Prosiding Seminar Nasional Unimus, 2020, vol. 3.

D. N. Prastiwi, P. Setyosari, and A. Husna, “Pengembangan Multimedia Tutorial sebagai Suplemen pada Mata Pelajaran Kimia Materi Asam dan Basa Kelas XI,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 6, no. 2, pp. 69–80, 2020.

F. R. Sari, “Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Di SMK Multi Mekanik Masmur,” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2021.

A. R. Nursandy, “Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pelajaran Kimia Di Tiga Sman Kota Banda Aceh Tahun Ajaran 2020/2021,” 2021.

W. Setiawati, O. Asmira, Y. Ariyana, and R. Bestary, “Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi,” Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementeri. Pendidik. dan Kebud., 2018.

Y. Ariyana, A. Pudjiastuti, R. Bestary, and Zamromi, “Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi,” Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, 2018.

N. M. P. Dwi Apriliani, I. M. C. Wibawa, and N. W. Rati, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., 2019, doi: 10.23887/jppp.v3i2.17390.

A. Najib and N. Misrochah, “Penyusunan Petunjuk Praktikum Kimia Berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada Larutan Penyangga,” J. Educ. Chem., 2020, doi: 10.21580/jec.2020.2.2.6099.

N. Nurhaeda, “Peningkatan Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Ikatan Kimia melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Kerja Kelompok pada Siswa Kelas X Di MAN Kota Sorong,” Biolearning J., 2019, doi: 10.36232/jurnalbiolearning.v6i2.317.

M. Mulyati, “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Materi Faktor Luas Permukaan Terhadap Laju Reaksi pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2019/2020,” J. Pendidik., 2020, doi: 10.32585/jp.v29i2.747.

K. Puspita, M. Nazar, L. Hanum, and M. Reza, “Pengembangan E-modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design,” J. IPA & Pembelajaran IPA, vol. 5, no. 2, pp. 151–161, 2021.

Z. A. Wahyuni and Y. Yerimadesi, “Praktikalitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery untuk Siswa Sekolah Menengah Atas,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 680–688, 2021.

Y. S. W. E. Arini, W. Gunawan, and M. Subandowo, “Pengembangan Modul IPA Terapan Berbasis Problem Based Learning untuk Mendukung Pembelajaran Mandiri di SMK,” Educ. J. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 2, 2021.

E. W. Wulansari, S. Kantun, and P. Suharso, “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017,” J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., 2018.

N. Nurhafizah, H. A. Melati, and R. Rasmawan, “Deskripsi Pemahaman Konsep Materi Dan Perubahannya Siswa Kelas X SMK Smti Pontianak,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 7, no. 9, 2018.

Y. R. K. Wardani, N. Fadiawati, and L. Tania, “Efektivitas Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Pemisahan Campuran,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Kim., vol. 6, no. 1, pp. 116–129, 2017.

C. E. Elisa, R. Muharini, and L. Hadi, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Pemisahan Campuran untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 9, no. 1, 2020.

S. Rahmadani and S. W. Albeta, “Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Siswa Smkn Kehutanan Provinsi Riau Pada Materi Pemisahan Campuran,” J. Pendidik. Kim. Univ. Riau, vol. 3, no. 2, pp. 38–51, 2018.

A. Rohani, L. Subagiyo, and R. Qadar, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Kimia menggunakan Pendekatan Project Based Learning di SMK Negeri 1 Balikpapan,” in Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, 2017, vol. 2017, no. Back Issue, pp. 51–54.

W. Dick, L. Carey, and J. O. Carey, The Systematic Design of Instruction. 2015.

I. Sylvia, S. Anwar, and K. Khairani, “Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Pendekatan Authentic Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Sekolah Menengah Atas,” J. Socius J. Sociol. Res. Educ., 2019.

F. Rosyi, A. Fatirul, and H. Hartono, “Kelayakan Bahan Ajar Materi Perbandingan Trigonometri yang Berorientasi Hots pada Siswa SMA,” Edcomtech J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 38–50, 2020.

N. A. Fatirul, Metode Penelitian dan Pengembangan: Kajian Tahapan Penelitian dan Pengembangan. Surabaya: CV. Zifatama Jawara, 2018.

A. Joshi, S. Kale, S. Chandel, and D. K. Pal, “Likert scale: Explored and Explained,” Br. J. Appl. Sci. & Technol., vol. 7, no. 4, p. 396, 2015.

R. Likert, “A Technique for the Measurement of Attitudes.,” Arch. Psychol., 1932.

Riduwan, Skala Pengukuran dan Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2016.

I. Mutia, W. N. Cholifah, and Y. Yulianingsih, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Android sebagai Media Penyampaian Informasi Kesehatan di Posyandu,” J. PkM Pengabdi. Kpd. Masy., 2020, doi: 10.30998/jurnalpkm.v3i3.4158.

S. Sriyanto, I. P. Leksono, and Harwanto, “Bahan Ajar PPKn Berbasis Karakter dan Literasi untuk Siswa Kelas IX SMP Al Hikmah Surabaya,” Edcomtech, vol. 4, no. 2, pp. 130–142, 2019.

A. N. Fatirul, “Online Application Development in Blended Learning to Increase Ease of Collaboration and Communication and Students Freedom of Thought Ability,” Int. J. Arts Soc. Sci. ISSN 2581-7922, vol. 3, no. 5, pp. 112–118, 2020.

A. Rohman, M. Mustaji, and N. A. Fatirul, “Jurnal Inspirasi Pendidikan Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Sistem Bilangan Untuk Mendukung Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Kejuruan,” J. Inspirasi Pendidik., vol. 11, no. 1, pp. 61–71, 2021.

A. N. Damayanti, “Validitas Flipbook Interaktif pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA,” J. BioEdu, 2017.

E. F. Fahyuni, Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Prinsip dan Aplikasi dalam Studi Pemikiran Islam). Umsida press, 2017.

L. J. Amrullah, “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Kelas IVA SDN 1 Banjar Jawa Tahun Pelajaran 2017/2018,” J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru, 2018.

L. Karwati and M. Mustakim, “Model Pemberdayaan Masyarakat Terintegrasi Dengan Kearifan Dan Nilai Budaya Lokal Melalui Pendekatan Sosial Entrepreneurship,” JIV-Jurnal Ilm. Visi, 2018, doi: 10.21009/jiv.1302.9.

A. Purwanto, M. Nurjayadi, and J. E. Tantaruna, “Pengembangan e-Modul Elektrokimia Terintergasi Lingkungan Berbasis Kontekstual Untuk SMK Kompetensi Keahlian Teknik Otomotif,” J. Ris. Pendidik. Kim., vol. 10, no. 1, pp. 18–26, 2020.




DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2682

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2682.g1168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
ISSN 2540-8984
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
STKIP PGRI Tulungagung

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/index
Email : jipi@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.