PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DIGITAL SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DARING
Abstract
Penelitan pengembangan ini mempunyai tujuan untuk menguji kelayakan produk berupa lembar kerja peserta didik berbasis digital sebagai inovasi pembelajaran daring dengan mata pelajaran Ilmu Pelajaran Alam. Pengujian validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, teman sejawat serta uji coba dengan 3 tahap meliputi perorangan, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Lembar kerja peserta didik ini dapat diakses secara online melalui liveworksheet yang dapat dibuat dengan mudah, interaktif dan murah. Adapun jenis penelitian pengembangan ini menggunakan Research and Development dengan model pengembangan Dick and Carey. Sasaran penelitian ini pada siswa kelas V MI Hasyim Asyari Dawarblandong. Berdasarkan hasil validasi ahli media dari lembar kerja peserta didik berbasis digital ini mendapat rata-rata 92,6%, sedangkan untuk hasil validasi ahli materi mendapatkan skor rata-rata 90%. Hasil uji kelayakan dari teman sejawat mendapat respon yang baik dengan rata-rata 90,4% selanjutnya pada pengujian satu-satu (perorangan) dengan hasil rata-rata 90%, pada pengujian kelompok kecil memperoleh rata-rata 87%, dan pada pengujian kelompok besar memperoleh 88%. Berdasarkan validasi dari para ahli dan uji coba yang telah dilakukan maka lembar kerja peserta didik berbasis digital sebagai inovasi pembelajaran daring ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Bariyyah Hidayati, K., & . M. F. (2016). Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02), 137144. https://doi.org/10.30996/persona.v5i02.730
Parmin, Dkk. 2012. Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (1) : 8-15
Ahmad Rivai, Nana Sudjana. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Rahayu et al., (2012). A Preliminary ethnobotanical study on useful plants by local communities in Bodogol Lowland Forest, Sukabumi, West Java. J Trop Biol Conserv 9 (1): 115-125.
Marpuah, siti., Margareta Rahayuningsih dan Sri Sukaesih. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Mind Mapping. Unnes Journal of Biology Education. 4(3): 244-250.
Iskandar, Sri M. 2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Maulana.
Sulistyorini, Sri. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta : Tiara Wacana
Ango, Benedikta. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Ber-dasarkan Standar Isi Untuk Kelas X Semester Gasal. Dalam Skripsi. Sarjana Pendidikan Teknik. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.https://eprints.uny.ad.id/105 90/.
Elwi, Lara Cesilia. 2017. Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education. Vol.9, Hal 97-104.
Rofiah, Nurul Hidayati. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Deviana, T. (2021). Pengembangan LKPD Matematika HOTS (Higher of Order Thinking Skills) Berorientasi Kearifan Lokal Daerah untuk Sekolah Dasar. Vol. 7. No. 1. Januari 2021, 134-312.
Febriyanti, E. (2017, Desember). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Solving Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di Sman 2 Kota Jambi.
Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Ket-erampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Volume 26, Nomor 2, Desember 2017, 189- 204.
Nissa, I. C., Rika, B., Febrilia, A., & Astutik, F. (2021). Live worksheets matematika: dalam perspektif siswa menurut model motivasi ARCS. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (6th SENATIK), 266273.
Fitriyani, A. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Menggunakan Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Cahaya. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Suherman, E. & Turmudi. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Pend Matematika Universitas Pendidikan Bandung.
Muga, W., Suryono, B., & Januarisca, E. L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Model Dick and Carey. Journal of Education Technology, 1(4), 260. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12863
Khoe, Y. (2017). Desain Instruksional perbandingan Model dan Impelementasinya (Venan (ed.)). Andi Publisher.
Murti, Sri, M. (2019). Pengembangan LKS Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP se-Kecamatan Tugumulyo. Journal Universitas Bengkulu, 256264. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba