PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PEER INSTRUCTION FLIPPED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA
Abstract
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Budiyanto, M., Sudibyo, E., & Qosyim, A. (2019). Pembelajaran Fisika Dasar Menggunakan E-Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2), 82. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p82-86
Sitompul, N. (2012). Perilaku Komunikasi Nonverbal Guru Dalam Kelas Pembelajaran: Maknanya Bagi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 19(1), 3849.
Inzanah, I., Ibrahim, M., & Widodo, W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Kurikulum 2013 Untuk Melatih Literasi Sains Siswa Smp. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(1), 459. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n1.p459-467
Noveriyanto, T. S., Sitompul, N. C., & Wiyarno, Y. (2020). The Development of Fin Swimming Instruction Package for Naval Cadets Academy. International Journal of ASRO, Volume 11 (02), pp 208220.
Degeng, I. N. S. dan Degeng, P.D.D (2018). Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Yogya-karta: Yayasan Taman Pustaka Kristen Indonesia.
Fudoil, M., Degeng, N., & Sitompul, N. (2019). the Impact of Creative Problem Solving Strategy Vs Learning Cycle Model and Cogni-tive Style on the Understanding of Comparison Concept. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 7482. https://doi.org/10.17977/um039v4i12019p074
Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4, 3849. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i1.1638
Susanti, W., Supena, A., & Cahyana, U. (2020). Effect of Flippeed Classroom Models and Creative Thinking of Science Literation Stu-dents. Journal of Nonformal Education, 6(1), 5160. https://doi.org/10.15294/jne.v6i1.23936
Adhitiya, E. N. (2015). Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped Dengan Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampu-an Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7451
Uno, H. B. (1996). Pengaruh Strategi Pengajaran dan gaya Kognitif Terhadap Perolehan Belajar Geometri di Sekolah Menengah Umum. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 3, pp. 211227).
Ruswana, A. M. (2019). Appl?cat?on Of Fl?pped Classroom Learn?ng Models W?th Peer Instruct?on Fl?pped Type To Improve The Math-emat?cal Problems Solv?ng Ab?l?ty Of Pre- Prosperous Students. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(2), 168183.
Syamsiah,Puspitawati,Widodo (2012). Kualitas Instrumen Penilaian Literasi Sains Siswa kelas VII pada materi Interaksi Antar Makhluk Hidup Sains, Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Sains
Gormally, C., Brickman, P., & Lut, M. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates eval-uation of scientific information and arguments. CBE Life Sciences Education, 11(4), 364377. https://doi.org/10.1187/cbe.12-03-0026
Hariapsari, K. W. (2016). Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Suhu dan Perubahannya. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 4(02), 15.
Johnson, Graham Brent. 2013. Student Perceptions Of The Flipped Classroom. University of British Columbia. http://hdl.handle.net/2429/44070.
Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta. Fairuz Media
Rindaningsih, I. (2018). Efektifitas Model Flipped Classroom dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Prodi S1 PGMI UMSIDA. Proceedings of the ICECRS, 1(3), 5160. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1380
Andriyani,Suhendri (2019) . Model Flipped Classrom menggunakan Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Pemberdayaan: Pub-likasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 287292.
Degeng,INS (2013).The science of variable classification development for the development of theory and research.Bandung :Aras Media
Yuliyatno, Mustaji, & Sitompul, N. C. (2019). Exploring the implementation of weblog-based flipped classroom in teaching civics: Is it feasible and effective? International Journal of Instruction, 12(4), 239250. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12415a
Rusdi, R., Evriyani, D., & Praharsih, D. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Instruction Flip Dan Flipped Classroom Ter-hadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1519. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.3
Ridha, M., Setyosari, P., Kuswandi, D., Universitas, T. P., & Malang, N. (2016). Pengaruh Flipped Mastery Classrom Kognitif Maha-siswa. Jurnal Pendidikan,1(2),655661. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6211/2646