PENERAPAN PEMBELAJARAN SECARA DARING APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DI SMPTK GALANG KASIH

Mohammad Yahya Trie Martha
I Nyoman Tri Anindia Putra


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2414

Abstract


Sekolah Menengah Pertama TK Galang Kasih adalah salah satu instansi dibidang pendidikan yang dinaungi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bertempat di daerah Cargo Permai. Proses kegiatan belajar mengajar pada Sekolah Menengah Pertama TK Galang Kasih bersifat konvensional dengan berdasarkan ilmu agama sebagai landasan dasarnya. Pada masa pandemi ini, proses belajar mengajar pada Sekolah Menengah Pertama TK Galang Kasih sudah menggunakan beberapa media teknologi, akan tetapi proses belajar mengajar antara tenaga pendidik dengan peserta didik masih berbasis aplikasi pengiriman pesan whatsapp. Komunikasi adalah salah satu hal terpenting dalam aplikasi designing augmented reality [1]. Tenaga pendidik yang ada disekolah ini masih kurang menguasai penggunaan teknologi pada implementasi kegiatan belajar mengajar (during) mereka, sehingga tenaga pendidik belum optimal dalam memberikan fasilitas tambahan dalam kegiatan belajar mengajar (during) kepada peserta didik. Ini tentunya akan berdampak pada kurangnya minat belajar peserta didik dalam melakukan proses belajar mengajar, yang berakibat langsung pada turunnya nilai peserta didik. Disusunlah program kegiatan yang diharapkan dapat membantu mengoptimalkan proses pembelajaran disekolah tersebut.


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


DAFTAR PUSTAKA

P. W. Aditama, P. S. U. Putra, I. M. M. Yusa, and I. N. T. A. Putra, Designing augmented reality sibi sign language as a learning media, in Journal of Physics: Conference Series, Mar. 2021, vol. 1810, no. 1, doi: 10.1088/1742-6596/1810/1/012038.

K. Sepdyana Kartini and dan I. Nyoman Tri Anindia Putra, PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA.

S. Sukardi and F. Rozi, Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi Dengan Tutorial Terhadap Hasil Belajar, JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 4, no. 2, p. 97, 2019, doi: 10.29100/jipi.v4i2.1066.

I. A. G R W Astari and I. T. Nyoman Putra, ANALISIS SISTEM INFORMASI KEMDIKBUD PADA SD NEGERI 2 DAWAN KLOD DENGAN SYSTEM USABILITY SCALE, J. Inform. dan Komputer) Akreditasi KEMENRISTEKDIKTI, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.33387/jiko.

F. Rozi and A. Kristari, Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas Xi Di Sman 1 Tulungagung, JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 5, no. 1, p. 35, 2020, doi: 10.29100/jipi.v5i1.1561.

I. Nyoman Tri Anindia Putra, K. Sepdyana Kartini, and N. Nyoman Widiyaningsih, IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE PADA MATERI HIDROKARBON, J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, no. 2, pp. 4352, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index.

D. I. Gugus and I. V Kecamatan, PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS EDUCATIVE GAMES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV, vol. 1, pp. 9099, 2017.

K. S. Kartini, N. Tri, and A. Putra, RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID, J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, pp. 1219, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index.

N. Yuliana, PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR, PPs Univ. Pendidik. Ganesha JIPP, vol. 2, 2018.

I. N. T. A. P. Putu Dody Setiawan, Ketut Sepdyana Kartini, Sosialisasi Video Animasi 2D Tentang Pengenalan Penggunaan Styrofoam Dan Bahan Alami Dalam Pembuatan Ogoh-Ogoh, J. Widya Laksmi, vol. 1, no. 1, pp. 3136, 2021.