UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN BAHAN AJAR MODEL KOOPERATIF
Abstract
Pada penelitan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa SD Negeri Ketegan 1 Taman Sidoarjo. Adapun pengujian validasi produk telah dilakukan oleh ahli media, ahli isi, serta uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Jenis penelitian ini menggunakan Lee dan Owens. Sasaran penelitian merupakan siswa kelas IV di SDN Ketegan 1 Taman Sidoarjo. Hasil validasi dari ahli media bahan ajar matematika menggunakan model kooperatif rata-rata 90%, hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata 90,3%. Sedangkan uji satu-satu (perorangan) mendapatkan hasil rata-rata 86%, pengujian kelompok kecil memperoleh rata-rata 91%, dan pada pengujian kelompok besar memperoleh 93%.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Melisa Murzanita (2019). Tingkat kemandirian belajar siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Suhaesti Julianingsih, Undang Rosidin, Ismu Wahyudi (2017). Pengembangan instrumen hots untuk mengukur dimensi pengetahuan ipa siswa di smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3)
Regiani Yunistika (2016). Perbedaan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi antara Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas pada Konsep Jamur. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Priantoro Dwi Kristantoa , Paula Glady Frandani Setiawan (2020). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) terkait dengan konteks pedesaan. Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Dita Nindia (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edcomtech.
Widya M. M., Yudhia Bella P.N, Zanetti Dyah Anggraeni (2020). Media pembelajaran fisika berbasis web menggunakan google sites pada materi listrik statis. Jurnal Universitas Jember.
Aan Nurhasanah.(2017). Pengembangan bahan ajar pendidikan matematika 1 untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa pgsd universitas kuningan. Jurnal Pendidikan Dasar 9(2) DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7017
Hidayati, Anita, Rufi'I,Wiyarno, Yoso(2020). Pengembangan Buku Ajar IPA Kelas VI untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Ma-tematika dan Sains
A Lee, W. W. & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based Instructional Design. California: Pfeiffer.
Rosidah (2017). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu pada Kompetensi Dasar Menanggapi Isi Cerita Secara Lisan di Kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor . Jurnal Online Universitas Islam Sumatera Utara
Bagus Amirul Mukmin, Farida Nurlaila Zunaidah(2018). Pengembangan Bahan Ajar DELIKAN Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Guru MI
Retno Purnama Irawati, Zaim Elmubarok (2014). Pengembangan buku ajar bahasa indonesia tematik berkarakter bagi siswa sd melalui sastra anak. Jurnal Pendidikan Karakter
Arifuddin Arifuddin, I Made Sujana, Muhammad Amin, Eni Djuhaeni, Ahmad Zamzam (2019). Penentuan dan perumusan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran dan indikator ketercapaian kompetensi dalam k-13 versi revisi. Jurnal pendidikan dan pengabdian masyara-kat, 2(4).