PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INFORMATIKA BERBASIS GOOGLE SITE CUSTOME DOMAIN

Agus Rahmat Yuniar
Marianus Subandowo
Hari Karyono


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2105

Abstract


Penelitan pengembangan ini bertujuan untuk menguji kelayakan bahan ajar berbasis google site dengan menggunakan custom domain agar siswa lebih mudah menemukan dan menghafal domain yang akan menjadi acuan belajar pada mata pelajaran informatika. Permasalahan penelitian ini kurangnya minat baca siswa menggunakan buku atau LKS mata pelajaran informatika yang ada disekolah, siswa cenderung lebih suka menggunakan gawai sebagai refrensi belajar seperti adanya video, suara, animasi sehingga perlu adanya inovasi bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan karaktersiInformatikasiswa agar dapat meningkatkan minat baca serta motivasi dalam belajar. Tahapan pengujian validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli isi, serta uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development dengan model pengembangan Lee dan Owens. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII bertempat di SMP Negeri 6 Sidoarjo. Hasil validasi dari ahli media dari kelayakan bahan ajar berbasis google site dengan menggunakan custom domain rata-rata 93,3%, untuk hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 92,7%. Sedangkan pengujian satu-satu (perorangan) didapatkan hasil rata-rata 88%, pada pengujian kelompok kecil memperoleh rata-rata 90,8%, dan pada pengujian kelompok besar memperoleh 92,8%. Dari hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan maka kelayakan bahan ajar berbasis google site dengan menggunakan custom domain ini dapat digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran.


Keywords


Bahan ajar; Custom Domain; Google Site; Informatika;

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Utami & Koesmijati (2020). The Effectiveness of Interactive Learning Media Based on Edutainment in Writing Skills for Text Procedure. International Conference on Art, Design, Education and Cultural Studies

Patriani ,Rizma Panca & Indrati Kusumaningrum (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pem-belajaran Teknik Animasi 2 Dan 3 Dimensi Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal penelitian IPTEKS, 5(2), https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3651

Pratama Benny , Diah E. R. & Edi Ismanto (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Adobe Flash Pokok Bahasan Komu-nikasi Dalam Jaringan Untuk Kelas X SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro.3(1)

Tri Naimah. (2012). Pendidikan karakter. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami.

Siti Jubaidah & M. Rizki Zulkarnain (2020). Penggunaan Google Sites Pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan SMP Kelas VIII SMPN 1 Astambul. Lentera: Jurnal Pendidikan. 15(2)

Widya M. M., Yudhia Bella P.N, Zanetti Dyah Anggraeni (2020). Media pembelajaran fisika berbasis web menggunakan google sites pada materi listrik statis. Jurnal Universitas Jember.

Muhammad Syarif Hidayatullah.(2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis flip book maker pada mata pelajaran elektronika dasar di smk negeri 1 sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 5(1) 83 - 88

Udi Budi Harsiwi, Liss Dyah Dewi Arini (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal bacisedu. 4(4)

Drachman, Rufi'i dan Muhyi (2020). Pengembangan Modul Bimbingan Karier Berbasis Pendekatan Karakter Kinerja Di SMA. Journal Edcomtech, 5(2).

A Lee, W. W. & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based Instructional Design. California: Pfeiffer.

Marina Nur Cahyaningrum, Norida Canda Sakti. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android dan Efek Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS SMA. Efektor, 8(1).

Fidian Dini Arinda (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Ilmu pengetahuan sosial smp. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(4).

Mukhammad Luqman Hakim (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Materi Zakat, jurnal penelitian pendidi-kan islam

A Syafii, Mustaji, Achmad N.F (2021). Pengembangan flipbook sistem komputer menggunakan virtual library multiplatform bagi siswa smk. JIPI, 6(1) https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1595.

Hidayati, A., Rufii, & Wiyarno, Y. (2020). Pengembangan Buku Ajar IPA Kelas VI untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 106. https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.5628