Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Pada SMK N 1 Tanjung Baru

Heri Mulyono, Irsyadunas Irsyadunas, Arif Rahman

Abstract


Peran media pembelajaran dalam kegiatan PBM sangat penting. Pemilihan media yang tepat dapat memudahkan transformasi pengetahuan, memotivasi untuk belajar dan meningkatkan pemahaman peserta didik. Salah satu permasalahan pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar yang dihadapi  SMK Negeri 1 Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat adalah  belum tersedianya media pembelajaran interaktif, sehingga tingkat pemahaman siswa terhadap materi belum maksimal.  Tujuan penelitian ini adalah membuat dan mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar dan  indikator pencapaian kompetensi.Metode penelitian yang digunakan adalah  Research and Development, terdiri dari beberapa tahapan, yaitu 1) potensi dan masalah, 2) mengumpulkan data, 3) disain produk, 4) validasi disain, 5) revisi disain, 6) ujicoba produk, 7) revisi produk  dan 8)  produksi.  Uji validitas media pembelajaran ini dilakukan oleh 3 validator ahli materi dan 3 ahli disain media. Sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh  2 guru mata pelajaran dan 22 siswa  kelas X.  Berdasarkan  analisis deskriptif terhadap data penilaian dari 6 validator, diperoleh nilai  rata-rata validitas ahli materi sebesar 0,944 dan validitas ahli media sebesar 0,893 yang berarti valid.  Dan  hasil uji kepraktisan media pembelajaran diperoleh rata-rata  sebesar 95,24 %  yang berarti sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran  yang dibuat dapat dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan.


Keywords


Media, Research and Development, Valid

Full Text:

PDF

References


A. Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2018.

Pramono, "Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan," Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 3 No.1, no. UNP Kediri, p. 54, 2019.

Daryanto, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2017.

Januarisman, "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII," Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vols. Vol.3, No.2, no. Oktober 2016, p. 32, 2016.

A. Shandra, Yogyakarya: eprint.uny.ac.id/16748, 2018.

W. Nugroho, Pengembangan Multimedia dalam Pembelajaran Sains kelas V d SDIT Luqman Al Hakim Internasional Bangun tapan Kabupaten Bantul, Yogyakarta: eprints.uny.ac.id/13850, 2014.

Sugiono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta., 2014.

R. Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 68, Jakarta: Sekretariat Negara, 2014.

A. Shandra, Yogyakarya: eprint.uny.ac.id/16748, 2013.




DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1921

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1921.g934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
ISSN 2540-8984
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
STKIP PGRI Tulungagung

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/index
Email : jipi@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.