PENGEMBANGAN CHATBOT PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN DIALOGFLOW

Aliv Faizal Muhammad, Farah Adila

Abstract


Terlepas dari kenyataan bahwa penggunaan bahasa Inggris sudah tidak bisa dihindari sekarang ini, beberapa orang merasa sulit untuk belajar. Apalagi kemajuan teknologi telah membawa dampak pada cara orang belajar bahasa seperti teknologi pengenalan suara yang digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Namun beberapa media pembelajaran yang ada memiliki beberapa kekurangan. Oleh karena itu, untuk menjembatani kesenjangan tersebut diperlukan media pembelajaran dan praktik bahasa tersebut. Makalah ini berfokus pada pengembangan chatbot percakapan bahasa Inggris menggunakan teknologi speech recognition dan artificial intelligence dengan platform Dialogflow sebagai mesin kecerdasan buatan. Evaluasi terhadap chatbot dilakukan oleh expert review untuk mengetahui pencapaian indikator dan user untuk mengetahui tingkat akurasi respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua agen telah mencapai semua indikator dan sebagian besar tanggapan memiliki tingkat akurasi 100%. Ketersediaan chatbot diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan percakapannya.


Keywords


Chatbot; media pembelajaran; Speech Recognition; Pronunciation, Bahasa Inggris; Conversation

Full Text:

PDF

References


Y. Bani Ahmad, “Student Perceptions on English pronunciation after course phonetics and phonology,” Judika (Jurnal Pendidik. Unsika), vol. 6, no. 1, pp. 12–16, 2018.

H. Heriansyah, “Speaking problems faced by the English department students of Syiah Kuala University,” Ling. Didakt., vol. 6, no. 1, pp. 37–44, 2012, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

E. A. Amalo, I. D. Agusalim, and C. D. Murdaningtyas, “Developing visual novel game with speech-recognition interactivity to enhance students’ mastery on English expressions,” J. Sos. Hum., vol. 10, no. 2, pp. 129–130, 2017, doi: 10.12962/j24433527.v10i2.2865.

S. Nabhan and R. Hidayat, “Investigating literacy practices in a university EFL context from multiliteracies and multimodal perspective : A case study,” Adv. Lang. Lit. Stud., vol. 9, no. 6, pp. 192–199, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.7575/aiac.alls.v.9n.6p.192.

A. F. Muhammad, D. Ekky Pratama and A. Alimudin, "Development Of Web Based Application With Speech Recognition As English Learning Conversation Training Media," 2019 International Electronics Symposium (IES), Surabaya, Indonesia, 2019, pp. 571-576, doi: 10.1109/ELECSYM.2019.8901594..

Accenture Interactive, “Chatbots in customer service,” 2016.

L. A. Staeheli and D. Mitchell, “The relationship between precision-recall and ROC Curves,” in Proceedings of the 23rd International Con- tion 2 defines Precision and Recall for the reader un- ference on Machine Learning, 2006, pp. 546–559, doi: 10.4135/9780857021113.n29.

M. A. Faizal, "The effects of conversation-gambits visual-novel game on students' english achievement and motivation," 2016 International Electronics Symposium (IES), Denpasar, 2016, pp. 481-486, doi: 10.1109/ELECSYM.2016.7861054.

R. Mutqiyyah and A. F. Muhammad, "Developing mobile app of english pronunciation test using android studio," 2016 International Electronics Symposium (IES), Denpasar, 2016, pp. 487-492, doi: 10.1109/ELECSYM.2016.7861055.

A. F. Muhammad and A. Alimudin, "Developing Web-Based English Reading-Aloud Practice App with Dictation Method Using Speech Recognition Technology," 2018 International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing (IES-KCIC), Bali, Indonesia, 2018, pp. 268-273, doi: 10.1109/KCIC.2018.8628497.

Alimudin, A. (2018). PENERAPAN TEKNOLOGY SPEECH RECOGNITION UNTUK LATIHAN PRONUNCIATION BAHASA INGGRIS MELALUI METODE DICTATION DI PROGRAM STUDI MULTIMEDIA BROADCASTING POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA. NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications), 3(1), 50-60.

Faizal, M. A. (2016, September). The effects of conversation-gambits visual-novel game on students' English achievement and motivation. In 2016 International Electronics Symposium (IES) (pp. 481-486). IEEE.

Assidiqi, M. H., Muhammad, A. F., & Aji, Z. K. (2016). A Tablet Screen Cast Receiver for Classroom with Low End Android Devices. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 14(2), 154-161.

Alimudin, A. (2016). Pengembangan Aplikasi Mobile Interaktif Narrative Text & Storytelling Bahasa Inggris. NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications), 1(1).

Pandusadewa, A. R., & Alimudin, A. (2019, September). Development of Conversation Application as English Learning using WebRTC. In 2019 International Electronics Symposium (IES) (pp. 589-594). IEEE.




DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1821

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1821.g917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
ISSN 2540-8984
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
STKIP PGRI Tulungagung

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/index
Email : jipi@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.