PENERAPAN ALGORITMA FISHER-YATES UNTUK MENGACAK SOAL PENERIMAAN FORUM STUDI MAHASISWA INFORMATIKA UNIVERSITAS NASIONAL

Afif Maulana, Fauziah Fauziah, Ratih Titi Komalasari

Abstract


Di masa pandemi ini, pengetahuan menjadi hal tersulit yang  bisa didapatkan oleh peserta didik Universitas Nasional, terlebih lagi untuk mahasiswa Informatika yang notabene nya membutuhkan arahan lebih lanjut untuk menempuh bidang ilmu kejuruan. Demikian pula, sistem kurikulumnya, dimana sistem pembelajaran untuk mata kuliah kejuruan telah dihilangkan yang menyebabkan masalah besar terhadap masa depan mahasiswa Informatika dalam menentukan karirnya. Dengan begitu, mahasiswa informatika tidak akan mampu menghadapi tuntutan dunia kerja terhadap mutu pendidikan di Universitas Nasional. Pembelajaran jarak jauh atau e-learning merupakan salah satu solusi yang tepat untuk menunjang kemampuan mahasiswa informatika dalam memilih bidang ilmu kejuruan dalam bentuk forum pelatihan mahasiswa. Pada sistem ini, mahasiswa akan diberikan pilihan untuk memilih tiga bidang kejuruan yang tersedia untuk menentukan ke arah mana mereka akan berlabuh. Pada sistem ini juga, keputusan akan ditentukan berdasarkan soal yang diberikan dalam bentuk pilihan ganda dan di acak menggunakan algoritma Fisher-Yates untuk menghindari kecurangan yang terjadi. Kelebihan algoritma Fisher-Yates terletak pada metode pengacakannya yang efektif dan tidak berulang-ulang dan menghasilkan persoalan yang variatif. Maka dapat disimpulkan bahwa rancang bangun sistem forum pelatihan mahasiswa informatika pada Universitas Nasional dapat menambah minat belajar dan mampu menentukan bidang keilmuan berdasarkan hasil dari kemampuan mereka.

Keywords


E-learning; Fisher-Yates; Informatika;

Full Text:

PDF

References


R. Priantama and Y. Priandani, “Implementasi Algoritma Fisher Yates Untuk Pengacakan Soal Pada Aplikasi Mobile Learning Kuis Fiqih Berbasis Android,” Nuansa Inform., vol. 13, no. 2, p. 40, 2019, doi: 10.25134/nuansa.v13i2.1951.

M. A. Hasan, S. Supriadi, and Z. Zamzami, “Implementasi Algoritma Fisher-Yates Untuk Mengacak Soal Ujian Online Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Universitas Lancang Kuning Riau),” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 291–298, 2017, doi: 10.25077/teknosi.v3i2.2017.291-298.

H. Baber, “Determinants of students’ perceived learning outcome and satisfaction in online learning during the pandemic of COVID19,” J. Educ. e-Learning Res., vol. 7, no. 3, pp. 285–292, 2020, doi: 10.20448/JOURNAL.509.2020.73.285.292.

T. K. Hazra, R. Ghosh, S. Kumar, S. Dutta, and A. K. Chakraborty, “File encryption using Fisher-Yates Shuffle,” 2015 Int. Conf. Work. Comput. Commun. IEMCON 2015, no. March 2016, 2015, doi: 10.1109/IEMCON.2015.7344521.

S. D. Nasution and S. Suginam, “Modifikasi Algoritma Fisher Yates Shuffle Menggunakan Linear Congruent Method Untuk Pembangkitan Bilangan Acak,” J. Ilmu Komput., vol. 12, no. 2, p. 101, 2019, doi: 10.24843/jik.2019.v12.i02.p01.

N. G. A. P. Harry Saptarini, R. A. Hidayat, and P. I. Ciptayani, “Ajarincode : Aplikasi Pembelajaran Bahasa Pemrograman Berbasis Web,” Just TI (Jurnal Sains Terap. Teknol. Informasi), vol. 10, no. 2, p. 21, 2019, doi: 10.46964/justti.v10i2.106.

W. A. Rohmah, A. Asriyanik, and W. Apriyandari, “Implementation of the Algorithm Fisher Yates Shuffle on Game Quiz Environment,” J. Informatics Telecommun. Eng., vol. 4, no. 1, pp. 161–172, 2020, doi: 10.31289/jite.v4i1.3863.

Soekartawi, “E-learning: Konsep dan Aplikasinya,” Pap. Present. Balitbang Depdiknas Semin. ,18 Februari 2017, no. November, pp. 1–200, 2017.

Mohammad Yazdi, “E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi,” J. Ilmua Foristek, vol. 2 (1), no. 1, pp. 143–152, 2012.

A. W. Wirawan and W. Wahyudi, “E-Learning Equipment in Learning Processat Vocational High School,” Soc. Humanit. Educ. Stud. Conf. Ser., vol. 1, no. 2, p. 61, 2019, doi: 10.20961/shes.v1i2.26756.

A. Anggraini, “Keefektifan Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Sebagai Pengganti Perkuliahan Konvensional Untuk Meningkatkan Kemampuan Analitis Mahasiswa,” J. Sos. Hum., vol. 9, no. 2, p. 95, 2018, doi: 10.30997/jsh.v9i2.1101.

M. Agustina, “Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., no. 12, pp. 8–12, 2013.

F. E. Nastiti and N. ’Abdu, “Edcomtech,” Edcomtech J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 61–66, 2020.

A. Aziz, “Peningkatan Mutu Pendidikan,” J. Stud. Islam Peningkatan Mutu, vol. 10, no. 2, pp. 1–14, 2015.

Haris Budiman, “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan,” Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. I, pp. 31–43, 2014.




DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v5i2.1808

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jipi.v5i2.1808.g839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
ISSN 2540-8984
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
STKIP PGRI Tulungagung

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/index
Email : jipi@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.