SISTEM PAKAR DIAGNOSA KERUSAKAN PADA LAPTOP MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Heri Mulyono - [ http://orcid.org/0000-0001-5886-1725 ]
Regina Ade Darman
Gefli Ramadhan


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v5i2.1708

Abstract


Laptop merupakan salah satu peralatan komputasi yang dapat membantu manusia dalam menjalankan aktifitas atau pekerjaan. Penggunaan alat ini cenderung mengalami peningkatan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan profesi. Dengan banyaknya jumlah pengguna maka potensi kerusakan pada laptop semakin besar. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana membuat aplikasi yang dapat membantu para user dalam mendiagnosa kerusakan pada laptop. Metode yang digunakan dalam membuat sistem pakar ini adalah certainty factor. Hasil penelitian ini berupa suatu sistem pakar berbasis desktop yang dapat memberikan informasi tentang masalah, penyebab, dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kerusakan. Sistem pakar ini telah diuji secara blackbox testing dan semua komponen bekerja sesuai dengan rancangan. Sistem ini juga telah divalidasi oleh pakar dan memperoleh kevalidan sebesar 91,66 % sehingga dapat dinyatakan layak untuk digunakan.

Kata Kunci: laptop, sistem pakar, certainty factor.

Keywords


laptop; sistem pakar; certainty factor;

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Budiharto, Artificial Intelligent Konsep dan Penerapannya, Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

Fitriastuti, "Aplikasi Pakar Berbasis Web Untuk Mendeteksi Kerusakan Perangkat Komputer Dengan Metode Backward Chaining," JANATEKNIKA, vol. Vol. 11 No. 2, no. FT Universitas Janabadra Yogyakarta, pp. 97-98, 2009.

Desiani, Konsep Kecerdasan Buatan, Yogyakarta: Andi Publisher, 2016.

R. Rosnelly, Sistem Pakar Konsep dan Teori, Yogyakarta: Andi Publisher, 2016.

Riyanto, Membuat Sendiri Sistem Informasi Penjualan dengan PHP dan MySql, Yogyakarta: Gava Media, 2011.

A. Burbani, "Sistem Pakar Diagnosis Penyakit pada Kelinci Menggunakan Metode Certainty Factor," Jurnal Informatika Polinema, vol. Vol.1 No. 1, no. Politeknik Negeri Malang, pp. 1-6, 2014.

E. M. V. S. Sutoyo, Kecerdasan Buatan, Yogyakarta: Andi Offset, 2011.