PENGEMBANGAN FLIPBOOK SISTEM KOMPUTER MENGGUNAKAN VIRTUAL LIBRARY MULTIPLATFORM BAGI SISWA SMK

Ahmad Syafii, Mustaji Mustaji, Achmad Noor Fatirul

Abstract


Penelitan pengembangan ini bertujuan untuk menguji kelayakan flipbook sebagai bahan ajar mata pelajaran sistem komputer menggunakan virtual library multiplatform untuk menemukan dan mengakses flipbook melalui gawai masing-masing siswa. Dengan uji validasi ahli media, ahli isi, teman sejawat serta uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, flipbook diharapkan menjadi inovasi pendidikan yang tepat pada abad 21 saat ini. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development dengan model pengembangan Dick and Carey. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X bertempat di SMK Informatika Sumber Ilmu Tulangan Sidoarjo jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Hasil validasi ahli media dari uji kelayakan flipbook mata pelajaran sistem komputer menggunakan virtual library multiplatform rata-rata 91,6%, sedangkan untuk hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 90,9%. Pada hasil uji kelayakan yang didapat dari teman sejawat dengan rata-rata 90% selanjutnya dilakukan pengujian satu-satu (perorangan) dengan hasil rata-rata 85%, pada pengujian kelompok kecil memperoleh rata-rata 88,5%, dan pada pengujian kelompok besar memperoleh 91,16%. Berdasarkan validasi dan uji coba yang telah dilakukan maka flipbook pada mata pelajaran sistem komputer dengan menggunakan virtual library multiplatform ini layak digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Raja Grafindo Persada.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (Diva Press). hal. 28

Nyoman, S, D., & Putu, Dian, D, D. (2018). Ilmu Pembelajaran. Yayasan Taman Pustaka Kristen Indonesia.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Anugrah Utama Raharja.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (Diva Press). hal. 68

Arifitama, B. (2018). Bahan Ajar Flipbook online mata kuliah PTI Online Flipbook Teaching Materials on PTI with Augmented Reality Approach. Jurnal Teknodik, 22(1), 1–10.

Ramdayana. 2013. Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Flipbook (Kvisoft Flipbook Maker Pro) Sub Materi Atmosfer. Samarinda : Universitas Mulawarman

Linggarini, Andikaningrum. 2014. Efektivitas E-Book Berbasis Multimedia Menggunakan Flip Book Maker sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa (Studi Kasus pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI SMA Kristen Satya Wacana Salatiga). Salatiga : Universitas Kristen Satya Wachana

Nufus, H., Susilawati, & Linda, R. (2020). Implementation of E-Module Stoiciometry Based on Kvisoft Flipbook Maker for Increasing Understanding Study Learning Concepts of Class X Senior High School. Journal Of Educational Sciences, 4(2), 368–379.

Bagus, Putra, Hari, S., & Rina, H. (2016). Penerapan inovasi flipbook sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pengenalan php kelas XI RPL di SMK Negeri 2 Mojokerto. 01, 42–48.

Mursanti, A. E., & Fatirul, A. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Dasar Tata Rias Wajah untuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga (PVKK) Tata Rias. Edcomtech, 5, 76–87.

Muga, W., Suryono, B., & Januarisca, E. L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Model Dick and Carey. Journal of Education Technology, 1(4), 260. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12863

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Lubis, N. R. A. (2017). Imaji “virtual library” jendela perpustakaan. PARI, 3, 119–123.

Mustaji, & Sujarwanto. (2015). Pengembangan bahan ajar mata kuliah desain pembelajaran. Universitas Negeri Surabaya, 151(2), 10–17.

S.,Eko Putro, W. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian (Delapan). Pustaka Pelajar.

Fatirul, noor, A., & Rufii. (2020). Evaluasi Dan Pengukuran (Wiryokusumo;Iskandar (ed.); 2020th ed.). Adibuana Universitas Press.

Sungkono, S. (2009). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1).

I made, T., I, N. J., & Ketut, P. (2014). Model Penelitian Pengembangan (Pertama). Graha Ilmu.

Khoe, Y. (2017). Desain Instruksional perbandingan Model dan Impelementasinya (Venan (ed.)). Andi Publisher.

Murti, Sri, M. (2019). Pengembangan LKS Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP se-Kecamatan Tugumulyo. Journal Universitas Bengkulu, 256–264. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba

Hidayati, A., Rufi’i, & Wiyarno, Y. (2020). Pengembangan Buku Ajar IPA Kelas VI untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 106. https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.5628

Sugito, W. (2019). Organisasi Sumber Belajar (2019th ed.). Adibuana Universitas Press.

Yulaika, N. F., Harti, & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (pp. 68–76). Jurnal Pendidikan Ekonomi, manajemen dan keuangan. 10.26740/jpeka.v4n1.p67-76




DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1595

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1595.g921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
ISSN 2540-8984
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
STKIP PGRI Tulungagung

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/index
Email : jipi@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.