GAME FPS DENGAN MENGGUNAKAN MULTIPLAYER GAME

Ida Bagus Made Oka Widharma

Abstract


Perkembangan game saat ini sangat pesat sehingga banyak orang yang tertarik untuk memainkannya bahkan sampai lupa waktu,suatu game akan membuat orang tertarik dan penasaran karena didalam nya terdapat AI (artificial intelegent). Tujuan pengembangan kecerdasan buatan adalah untuk membuat aksi dan reaksi otonom agen atau NPC (Non-Player Character) dari game. Dua NPC bisa saling membantu dalam menjalankan strategi menyerang terhadap musuh. penelitian  ini menjelaskan tentang bagaimana orang dapat bermain game secara bersama-sama dengan menggunakan jaringan computer atau jaringan internet . Dua NPC yang dimaksud  adalahNPC Scout yang bertugas memancing serangan musuh, dan NPC Sniper yang bertugas memberikan back up serangan dari jarak jauh.. Perilaku yangdimaksud adalah menyerang brutal, menyerang, bertahan dan melarikan diri. Masing-masing perilaku diujicobakan dalam game First Person Shooter menggunakan unity engine. Dalam simulasi game terjadi respon perubahan perilaku masing-masing NPC terhadap kondisi yang dihadapi dengan mengetahui respon dari NPC maka akan dapat menentukan strategi dalam game tersebut.




DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v1i01.15

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29100/jipi.v1i01.15.g6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
ISSN 2540-8984
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
STKIP PGRI Tulungagung

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/index
Email : jipi@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.