PENGARUH MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM) TERHADAP LIFESTYLE DAN PRESTASI AKDEMIK
Abstract
ABSTRAK
Zaman sekarang sangat mudah mendapatkan informasi, karena setiap orang sudah bisa terhubung dengan internet. Terutama media sosial, Jika informasi yang diterima bagus, maka pengguna akan mendapatkan kualitas informasi yang bagus, akan tetapi jika informasi yang diterima hoax, maka akan berdampak buruk bagi si penggguna media sosial. Setiap orang punya platform sosial media lebih dari satu, seperti youtube, facebook, whatsapp, instagram, dll. Platform ini yang sering mereka gunakan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisa Pengaruh Media sosial (Instagram)(Y) terhadap Lifestyle (X1)dan Prestasi mahasiswa(X2) sehingga dapat memberikan informasi mengenai pentingnya dampak penggunaan media sosial bagi mahasiswa dalam merubah pola pikir dan wawasan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengaruh variable X1 dan X2 secara simultan terhadap variable Y adalah sebesar 40, 5%
Kata Kunci: Instagram, Prestasi akademik, Lifestyle.
ABSTRACT
It's effortless to get information these days because everyone can connect to the internet. Mainly social media, If the information received is right, and then the user will get the correct quality information; however, if a hoax can be the news, it will be corrupt for the social media user. Everyone has more than one social media platform, such as YouTube, Facebook, WhatsApp, Instagram, etc. The purpose of this study is to Analyze the Effect of Social Media (Instagram) (Y) on Lifestyle (X1) and Student Achievement (X2) so that it can provide information about the impact of using social media for students in changing mindset and understanding. The results showed that the effect of variables X1 and X2 simultaneously on the Y variable was 40.5%Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Amaliya, l., setiaji, k., pd, s., & pd, m. (2017). Pengaruh penggunaan media sosial instagram,teman sebaya dan status sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku konsumtif siswa. Economic education analysis journal, 6(3), 835842.
Ekawati, r. K. (2017). Peran mediasi sikap atas pengaruh kepercayaan terhadap niat menggunakan. Jurnal sistem & teknologi informasi komunikasi, 1(1), 110.
Fauzi, v. P. (2016). Pemanfaatan instagram sebagai social media marketing er-corner boutique dalam membangun brand awareness di kota pekanbaru. Jom fisip, 3(1), 115.
Fitria, e. M. (2015). Dampak online shop di instagram dalam shopaholic di samarinda, 1(3), 117128.
Indika, d. R. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen, 1, 2532.
Lubis, m. S. I. (2018). Dampak komunikasi dan perubahan sosial bagi pengguna instagram. Jurnal warta edisi :55.
Mellyna eka yan fitri, a. M. (2017). Evaluasi prestasi belajar mahasiswa terhadap penggunaan media sosial. Jurnal ekonomi & bisnis dharma andalas, 19(1), 5568.
Miranda, o. S., & evawani. (2017). Pengaruh instagram sebagai media online shopping fashion terhadap perilaku konsumtif mahasiswi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas riau. Jom fisip, 4(1), 115.
Pratiwi, e. D. (2016). Faktor yang mempengaruhi niat menggunakan instagram dengan the theory of reasoned action menggunakan amos 21. Jurnal teknik komputer amik bsi, (1), 6877.
Putri, s., primadani, b., & putri, s. (2017). Pengaruh media sosial instagram @ zapcoid terhadap brand equity zap clinic, 9(1), 5364.
https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan%20Survei%20APJII_2017_v1.3.pdf