PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA REYOG KENDANG DI EKSTRAKULIKULER REYOG KENDANG SMPN 1 KAUMAN
Abstract
Reyog Tulungagung. Reyog Kendang atau Reyog Tulungagung merupakan suatu kebudayaan daerah yang perlu dilestarikan karena kebudayaan ini sudah hampir tidak di kenali oleh masyarakat Tulungagung sendiri. Dengan adanya suatu program pemerintah yaitu melestarikan Reyog Kendang atau Reyog Tulungagung melalui berbagai cara salah satunya dituangkan melalui program pendidikan dalam bentuk kegiatan ekstrakulikuler di sekolah-sekolah yang berada di Tulungagung. Tujuan penelitian adalah Menghasilkan media gerakan Reyog Kendang Animasi Interaktif yang berbasis computer dan Membantu peserta ekstrakulikuler untuk mengetahui cara berlatih gerakan Reyog Kendang atau Reyog Tulungagung. pengembangan Model Sadiman terdapat bebrapa tahapan dalam mengembangkan sebuah media pendidikan. Tahap-tahap tersebut merupakan
langkah-langkah dalam membuat sebuah media yang sempurna. Mulai dari sebuah merancang media apakah yang tepat untuk pembelajaran pada sebuah sekolah hingga mengevaluasi media tersebut. Berdasarkan hasil yang didapat dari perhitungan diatas. Uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil 94%. Apabila disesuaikan dengan tabel inteprestasi skor pada tabel I, maka diperoleh kualifikasi “sangat layak
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Darimi, I. (2017). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 111–121. https://doi.org/10.1007/s11068-008-9037-4
Mahnun, O. N. (2012). Media pembelajaran ( Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran ), 37(1).
Rosdiana. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT, 4(1), 73–88. Retrieved from http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/khwarizmi
Pujayanto. (2009). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Tik Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Dan Keaktifan.
Nursamsu, & Kusnafizal, T. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA Dan Pembelajaran (JIPI), 1(2), 165–170.
Busiri, M. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan adobe flash cs6 pada mata diklat rencana anggaran biaya (rab) di smk negeri 2 surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 3, 81–91.
Sri rezeki. (2018). Pemanfaatan adobe flash cs6 berbasis problem based learning pada materi fungsi komposisi dan fungsi, 2, 856–864.
Priyanto, S., Pribadi, P., & Hamdi, A. (2014). Game Edukasi “Matching Three” untuk Anak Usia Dini. Jurnal Telematika, 32–51.
Amalia, A. R., Siswandari, & Ivada, E. (2016). Implementasi Pembelajaran Ctl Berbantu Adobe Flash Cs6 Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Akuntansi. “Tata Arta” UNS, 2(1), 148–162.
Restika, R. R. (2016). BioEdu Validitas Media Prezi The Zooming Presentation Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia The Validity Of Prezi The Zooming Presentation Media BioEdu, 5(3), 213-219