PENGEMBAGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMP N 2 PAINAN PROVINSI SUMATERA BARAT
Abstract
Salah satu permasalahan pembelajaran TIK yang dihadapi SMP N 2 Painan Sumatera Barat adalah belum tersedianya media pembelajaran interaktif, sehingga tingkat pemahaman siswa terhadap materi belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran interaktif sesuai dengan kompetensi inti dan komptensi dasar serta karakteristik siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu 1) potensi dan masalah, 2) mengumpulkan informasi, 3) disain produk, 4) validasi disain, 5) revisi disain, 6) ujicoba produk, 7) revisi produk 8) ujicoba pemakaian, 9) revisi produk dan 10) pembuatan produk massal. Penilaian terhadap media ini dilakukan oleh 2 validator ahli materi dan 2 ahli disain media. Dan uji kepraktisan dilakukan oleh 2 guru mata pelajaran dan 26 siswa kelas VII. Berdasarkan analisis deskriptif terhadap data penilaian dari 4 validator, diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,83 yang berarti valid. Dan hasil uji kepraktisan media pembelajaran interaktif diperoleh rata-rata sebesar 84,49% yang berarti praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dibuat ini dapat dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan.
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
R. Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 68, Jakarta: Sekretariat Negara, 2014.
A. Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2014.
Daryanto, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2010.
Januarisman, "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII," Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vols. Vol.3, No.2, no. Oktober 2016, p. 32, 2016.
A. Shandra, Yogyakarya: eprint.uny.ac.id/16748, 2013.
W. Nugroho, Pengembangan Multimedia dalam Pembelajaran Sains kelas V d SDIT Luqman Al Hakim Internasional Bangun tapan Kabupaten Bantul, Yogyakarta: eprints.uny.ac.id/13850, 2014.
Sugiono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta., 2014.