PENGARUH VARIASI DIMENSI CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN TEMBAGA NIKEL TERHADAP REDUKSI EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR HONDA ASTREA
Abstract
Article Metrics :
References
A. Surahman, A. T. Prastowo, and L. A. Aziz, “Rancang Alat Keamanan Sepeda Motor Honda Beat Berbasis Sim Gsm Menggunakan Metode Rancang Bangun,” J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 3, no. 1, 2022, doi: 10.33365/jtst.v3i1.1918.
Badan Pusat Statistik Jawa Timur, “Badan Pusat Statistik Jawa Timur. (2021). Populasi Kendaraan di Jawa Timur tahun 2018-2020.,” vol. 7, no. 112, 2021.
W. Putra, H. Maksum, and D. Fernandez, “Pengaruh Penggunaan Knalpot Standar Dan Racing Terhadap Tekanan Balik, Suhu Dan Bunyi Pada Sepeda Motor 4Tak,” JurnalTeknik Otomotif FT UNP, 2018.
L. T. N. Maleiva, B. Sitorus, and D. R. Jati, “Penurunan Konsentrasi Gas Karbon Monoksida Dari Kendaraan Bermotor Menggunakan Adsorben Zeolit Alam,” J. Kim. Khatulistiwa, vol. 4, no. 1, pp. 26–33, 2015.
I. Ismiyati, D. Marlita, and D. Saidah, “Pencemaran Udara Akibat Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor,” J. Manaj. Transp. Logistik, vol. 1, no. 3, p. 241, 2014, doi: 10.54324/j.mtl.v1i3.23.
W. Warju, S. R. Ariyanto, A. S. Nugraha, and M. Y. Pratama, “The Effectiveness of the Brass Based Catalytic Converter to Reduce Exhaust Gas Emissions from Four-stroke Motorcycle Engines,” Int. Jt. Conf. Sci. Eng. 2021 (IJCSE 2021), vol. 209, no. Ijcse, pp. 417–422, 2021.
dan F. Y. Mokhtar, A., H. Supriyanto, “Catalytic Converter Jenis Katalis Kawat Kuningan Berbentuk Sarang Laba-Laba untuk Mengurangi Emisi Kendaraan Bermotor. Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA). Vol. 4. 1-6..pdf.” 2017.
D. Krisdianto, A. Purwanto, and Sumarna, “Profil Perubahan Tekanan Gas Terhadap Suhu Pada Volume Tetap,” Pros. Semin. Nas. Penelitian, Pendiidkan, dan Penerapan MIPA, pp. 207–212, 2011.