Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai Standar Akuntansi Berbasis Etap Di Umkm Batik Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan

Aulia Dawam


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v6i2.885

Abstract


Pengelolaan keuangan menjadi salah satu masalah yang seringkali terabaikan oleh para pelaku bisnis UMKM di Tanjung Bumi, khususnya berkaitan dengan penerapan kaidah-kaidah pengelolaan keuangan dan akuntansi yang benar. Masalah ini biasanya timbul dikarenakan pengetahuan dan informasi pelaku UMKM mengenai akuntansi sangat terbatas, latar belakang pendidikan para pelaku UMKM juga mempengaruhi pengetahuan para pelaku usaha Objek yang akan dianalisa yaitu akuntansi berbasis SAK ETAP. Tujuan khusus dari pengabdian ini yaitu mereka mampu menerapkan dan menyusun laporan keuangan sesuai SAK ETAP. Adapun pelaksanaanya akan diadakan selama 2 (dua) hari, yaitu: yang pertama, memberikan pemahaman mengenai manfaat penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP kepada peserta dan langkah-langkah dalam penyusunannya. Kemudian di hari berikutnya akan diadakan pendampingan pembuatan laporan keuangan sesuai langkah-langkah yang sudah di pahami. Nantinya peserta/pemilik UMKM batik di tanjung bumi diharapkan dapat menyusun laporan keuangan dan melakukan pelaporan keuangan sesuai standdar SAK ETAP demi baik dan sehatnya bisnis yang dijalankan.

Kata kunci: UMKM, SAK ETAP, Batik


Article Metrics :

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen

Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

http://diskopukm.jatimprov.go.id diakses pada 15

Oktober 2018 Pukul 14.25

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar

Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa

Akuntabilitas Publik. Jakarta: Selemba

Empat.

Kementerian Koperasi dan UMKM. 2008. UU No. 20 Tahun 2008 Tentang UMKM.

Peraturan Menteri Keuangan. 2008. No. 76 Tahun

tentang Pedoman Akuntansi

danPelaporan Keuangan Badan Layanan Umum.

Rudiantoro, R. dan Siregar, S.V. 2012. Kualitas Laporan Keuangan UMKM Serta Prospek

Implementasi SAK ETAP. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 9 (1).

Sariningtyas, P. dan Diah, W. T. 2011. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik Pada Usaha Kecil Dan Menengah .

Undang-Undang Republik Indonesia. 2008. No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha MikroKecil dan Menengah.