Packing Process Dalam Pelatihan Kemandirian UKM Kerupuk Bawang Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk

Riski Nur Istiqomah Dinnullah
Shafiq Nurdin
Sumadji Sumadji


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v6i2.882

Abstract


ABSTRAK

Kerupuk merupakan produk olahan yang terbuat dari tepung tapioka dan menjadi makanan yang sangat digemari oleh kalangan masyarakat Indonesia. Ditinjau dari bahan bakunya banyak jenis kerupuk yang dapat dihasilkan. Salah satunya adalah kerupuk bawang. Beberapa diantara UKM yang telah mengelola usaha pembuatan kerupuk bawang ini adalah UKM milik Ibu Hariyati yang bertempat di Dusun Kemantren, Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Pemilik UKM tersebut menjadi mitra dalam kegiatan Pengabdian ini. Berdasarkan observasi dan diskusi dengan mitra diperoleh informasi bahwa kerupuk bawang ini sangat laris dipasaran. Mitra menjual produknya dalam kemasan yang dibungkus keresek sesuai dengan banyak yang diminta oleh pelanggan. Hal inilah yang menjadi permasalahan mitra dalam proses pengemasan produk yang belum mendapatkan perhatian sehingga masyarakat tidak mengenal lebih jauh kerupuk bawang milik mitra. Oleh karena itu, melalui pengabdian ini Tim PKM UNIKAMA akan memberikan pelatihan dan pendampingan Packing Process untuk peningkatan pemasaran produk kerupuk bawang mitra.

Kata Kunci : UKM, Kerupuk Bawang, Pemasaran, Packing Process

Article Metrics :

References


Purba, A dan H. Rusmarilin. 2006. Penuntun Praktikum Teknologi Hewani. USU Press. Medan.Purwanti, H. 2011. Inovasi Pembuatan Kerupuk Bawang dengan Substitusi Tepung Kentang Hitam. Skripsi Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi Fakultas Teknik UNES. Semarang.