Papan Akar Pangkat Dua (Papad) Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Bagi Siswa Sdn Klepek Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro

Anis Umi Khoirotunnisa


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v6i2.880

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami materi akar pangkat dua melalui pembelajaran yang menyenangkan dengan media pembelajaran PAPad. Kegiatan yang dilakukan adalah (1) memberikan pemahaman tentang belajar matematika yang menyenangkan dengan menggunakan ragam media yang mudah dibuat sendiri oleh siswa (2) melakukan simulasi kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media PAPad (3) Melakukan pembelajaran yang menyenangkan dengan strategi Active Learning. Kegiatan ini diikuti oleh 20 siswa dan 2 guru kelas di SDN Klepek kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro. Sebagian besar siswa mampu memahami materi akar pangkat dua dengan baik hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa yang dapat menjawab secara benar soal yang diberikan dengan cepat. Siswa juga lebih aktif dalam pembelajaran dikelas yang dapat dilihat dari antusiasme siswa terlibat dalam penggunaan media pembelajaran PAPaD. Keberhasilan lain yang dari penggunaan media ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa utamanya pada materi Akar Pangkat dua .

Kata kunci : Media Pembelajaran, Papan Akar pangkat dua, akar pangkat dua.

Article Metrics :

References


Dale, E. (1954). The Learning Pyramid. Audio Visual Methods in Teaching.Dale, E. (1969). Audiovisual Methods in Teaching. Third Edition. NY : Dryden Press. https://doi.org/10.1108/00400910910987273Darmawan. (2010). Penggunaan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ips di mi darrusaadah pandeglang. Jurnal Penelitian Pendidikan.Darwan, & Sri Maria Ulfa, M. (2012). Perbedaan Minat Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Alat Peraga Dengan Yang Tidak Menggunakan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Di Mts Al Washliyah Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Eduma.Dewey, J. (1964). The Child and the Curriculum. John Dewey on Education. https://doi.org/10.2307/817041Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan.Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara.Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 8599.Julismah Jani, Ong Kuan Boon, Mohd Sani Madon, Hishamuddin Ahmad, Nur Haziyanti Mohamad Khalid, & Yusof Ahmad. (2009). Pendekatan Pengajaran , Gaya Belajar dan Jenis Penilaian dalam Mata Pelajaran Sains Sukan di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Malaysia.KadekSuhardita. (2011). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Edisi Khusus.Kamarudin Hj Husin & Siti Hajar Hj Abdul Aziz. (2003). Pedagogi Asas Pendidikan. Pedagogi Asas Pendidikan.Mahmudi, A. (2008). Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif. Makalah Disampaikan Pada Konferensi Nasional Matematika (KNM) XIV Universitas Sriwijaya Palembang.Mappeasse, M. Y. (2010). Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller ( Plc ) Siswa Kelas Iii Jurusan Listrik Smk Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek.

E-ISSN: 2613-9103 J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)Volume 6, Nomor 2, Desember2018: 44 4949Muhammad, R. (2011). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan.Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/JPAI.V8I2.949Novferma, N. (2016). Analisis kesulitan dan self-efficacy siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika berbentuk soal cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403On, B. A., Iele, V. A. N. H., & Tages, T. H. S. (2017). A NALISIS K ESULITAN S ISWA DALAM P ROSES P EMECAHAN M ASALAH, 6, 287298.Purbasari, R. Julia, Kahfi, M. S., & Yunus, M. (2013). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang.Purnama, Sigit. (2017). Materi-MateriPilihan dalam Parenting Education menurut Munif Chatib. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini.Rahmawati. (2016). Seminar Analisis Hasil TIMSS 2015. 2016, 110.