Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Edukasi Digital Marketing

Sindy Sephya Dwi Ayunda
Sayyidah Ulil Hikmah
Khairunisa Diva Azhari
Pinasti Azalia Putri
Binti Nur Asiyah


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v13i1.8456

Abstract


Usaha budidaya ikan patin merupakan salah satu sektor strategis dalam mendukung ketahanan pangan nasional dan peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya di daerah pedesaan. Permintaan pasar terhadap ikan patin terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat yang mengarah pada sumber protein hewani yang sehat dan terjangkau. Proposal ini bertujuan untuk mengembangkan usaha budidaya ikan patin berbasis teknologi dan manajemen modern guna meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan daya saing produk. Analisis usaha menunjukkan potensi keuntungan yang signifikan serta keberlanjutan bisnis yang kuat dengan pengelolaan yang tepat. Kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja, mendorong pemberdayaan ekonomi lokal, serta memberikan kontribusi terhadap pemenuhan kebutuhan pangan nasional

Article Metrics :

References


Djamaludin, D., Aviasti, A., & Rukmana, O. (2016). Peningkatan Kemampuan Usaha Kecil Menengah Di Wilayah Bandung Raya Dalam Pemanfaaatan Internet Sebagai

Sarana Pemasaran Dan Perluasan Jangkauan Pasar. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 5, 125.

https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1682

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara,1(2), 61–76.

https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. 10(1), 9–14.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.