Pendampingan Keagamaan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Agama Islam Melalui Aplikasi Tiktok
Abstract
ABSTRAK
Pemilihan aplikasi Tiktok sebagai media pembelajaran dimaksudkan untuk a) meningkatkan minat belajar agama islam pada siswa, b) mengoptimalkan pembelajaran di TPQ Al-Muhajirin, serta c) meningkatkan kemampuan guru menggunakan media pembelajaran inovatif. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini menggunakan pendekatan Service Learning (SL). Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatnya minat siswa untuk belajar agama islam, pemahaman siswa juga meningkat utamanya materi tentang shalat dan thaharah. Berdasarkan kegiatan pengabdian pada masyarakat di TPQ Al-Muhajirin Paiton, disimpulkan bahwa a) penggunaan aplikasi tiktok dapat meningkatkan pemahaman belajar agama islam, b) aplikasi tiktok dapat meningkatkan minat belajar agama islam, dan c) guru memiliki pengetahuan tentang media inovatif.
Kata Kunci: TikTok, Minat Belajar, Kegiatan Keagamaan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tiktok Sebagai Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 431(2), 431–440.
Bulele, Y. N. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media dan Kaum Milenial: StudiKasus Tiktok. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology.1(1), 565–572.
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Social Work Journal, 10(2), 199–208.
Fitri, E., Sari, N., & Siregar, N. M. (2022). Sosialisasi Penerapan Aplikasi TikTok sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Al-Tadris, 4(2), 610–619.
Herdiati, D., Atmaji, D. D., Mas, R., Andriyanto, A., & Saputra, D. N. (2021). Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Inovasi Pembelajaran Musik di SMAN 1 Muara Enim, Sumatera Selatan. JPPI, 4(2), 111–119.
Hutamy, E. T., Swartika, F., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Inovasi Pembelajaran. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021,1(1), 1270–1281.
Kristiyanti, M. (2020). Internet Sebagai Inovasi Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Obsesi, 3(2), 24-38.
Mana, L. H. A. (2021). Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Al-Tadris, 2(4), 418–429.
Ni’mah, U., Tjahjono, A. B., & Shidiq, G. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam. Al-Ta'dib, 4(1), 326–340.
Putri, E., Syafri, E. (2020). TikTok; Inovasi Pembelajaran Alternatif dan Atraktif pada Pelajaran PPKn Selama Pandemi di SMP Negeri 2 Mertoyudan. Jurnal Penelitian dan Pengajaran Pendidikan Islam, 2(1), 110–115.
Putri, S. N. (2022). Tiktok (Alternatif Inovasi Pembelajaran Bahasa di Kalangan Mahasiswa). Al-Lubab, 5(2), 203–208.
Ramdani, N. S., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Inovasi Pembelajaran. JPI, 10(2), 425–436.
Setyorini, R. (2015). Pemanfaatan Internet Sebagai Implementasi ICT dan Sarana Memotivasi Belajar Sastra di Sekolah. Jurnal Bidayatuna, 2(November), 89–101.
Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan
keterampilan sosial dan keterampilan komunikasi anak usia dini. JPI :
Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 31–37.
Waluyo, B. (2021). Pengembangan Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis ICT.
Al-Lubab, 3(1), 78-91.
Yusra, R. Al. (2019). Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Obsesi, 2(1), 101–112.