Peningkatan Kreativitas Guru Sekolah Dasar Melalui Modul Digital STEAMALUS (Steam Local Genius) Magelang
Abstract
Kemampuan kreatif menjadi kewajiban bagi seorang guru dalam proses Pendidikan, terutama dalam membuat modul ajar dalam kurikulum merdeka. Kreativitas guru sangat penting untukmenciptkan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif terutama era revolusi society 5.0 yang terintegrasi berbasis digital. Sebagai guru, harus memiliki kemampuan merancang membuat modul ajar digital pada kurikulum merdeka. Proyek pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkaya dan mengasah kreativitas guru dalam pembuatan modul ajar digital melalui flipbook. Metode pengabdian ini menggunakan pendekatan berbasis pelayanan (service learning) dengan empat tahapan yang berbeda. Subjek dari proyek pengabdian ini adalah guru-guru di SDN Gelangan 3 berjumlah 12 guru. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam pembuatan digital sebagai sumber belajar mengalami peningkatan. Selain itu, peserta pelatihan merasa semangat untuk menginovasi lingkungan hidup dan profesional di SD.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Apriyanto, D. (2017). Development of E-Learning Module: Historical Culture Society Based on Local Genius. Jurnal HISTORICA, 1(2), 152–168.
Astari, A. C. (2023). Pengembangan Modul Elektronik Interaktif Berbasis Pdf (Modesip) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sdn Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu. 2(3), 1417–1441. https://jurnal.widyahumaniora.org/
Ismaimuza. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Tidak diterbitkan.
Istiningsih, G., Pd, M., Sobat, D., & Dharma, A. (2023). Pendekatan Steam Terintegrasi Local Genius Magelang.
Nikmatin Mabsutsah, & Yushardi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 205–213. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588
Nurwidodo, N., Romdaniyah, S. W., Sudarmanto, S., Rosanti, D., Kurniawati, K., & Abidin, Z. (2021). Analisis Profil Berpikir Kritis, Kreatif, Keterampilan Kolaboratif, dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas 8 SMP Muhammadiyah sebagai Impak Pembelajaran Modern. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 605. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4642
Purwati, R., Suranto, Sajidan, & Prasetyanti, N. M. (2019). Problem-Based Learning Modules with Socio-Scientific Issues Topics to Closing the Gap in Argumentation Skills. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 18(4), 35–45.
Putri Insani, S., Nurmawanti, I., & Hari Witono, A. (2023). Kreativitas Guru di Abad 21 dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4796
Rochmayanti, S., & Istiningsih, G. (2023). Ethnopedagogy-Based Literacy E-Module On Indonesian Learning Subject. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 102. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v12i1.9265
Saripudin, D., Yulifar, L., & Anggraini, D. N. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Replika Sejarah dan Peta E-Pen Bagi Guru-Guru SMA/MA. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/abdi.v3i1.76
Waritsman, A. (2023). Kreativitas Guru Dalam Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Ma Madinatul Ilmi Ddi Siapo. In Nusantara: Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 1, Issue 2).
Zahro, N. H. (2019). PKM Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Situbondo di SD Islam Al Abror. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.31537/dedication.v3i2.236