Implementasi Ekonomi Kreatif Dan Pemberdayaan Usaha Bagi Kelompok Pengolah Dan Pemasar Produk Perikanan (POKLAHSAR) “Mina Sido Jaya” di Pasar Tradisional Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung

Muhamad Aqim Adlan
Sri Eka Astutiningsih


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v11i2.4022

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melakukan pemberdayaan terhadap Kelompok Pengolah dan Pemasar Produk Perikanan (Poklahsar) Mina Sido Jaya melalui ekoomi kreaif. Hal ini dikarenakan Kelompok Pengolah dan Pemasar Produk Perikanan (Poklahsar) Mina Sido Jaya masih saja menggunakan metode tradisional dalam pengolahan dan pemasaran produk perikanan. Kondisi ini tentu bertentangan dengan transformasi ekonomi di era kontemporer saat ini yang telah bertransformasi menuju ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif dalam persaingan ekonomi hari ini dianggap sebagai salah satu solusi untuk mempertahankan eksistensi ekonomi. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu paparan data menggunakan metode deskriptif dan analisis data menggunakan metode centent analysis. Temuan pengabdian ini menunjukkan bahwa perwujudan ekonomi kreatif dalam pemberdayaan Kelompok Pengolah dan Pemasar Produk Perikanan (Poklahsar) Mina Sido Jaya dilakukan melalui pemetaan potensi lokal dan SDM yang kemudian berimplikasi pada pengolahan dan pemasaran hasil ikan laut melalui metoode modern.


Article Metrics :

References


Arrizal, Nizam Zakka & Sofyantoro, S. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Masa Pandemi Melalui Digitalisasi. Birokrasi Pancasila: Jurnal Pemerintahan, Pembangunan Dan Inovasi Daerah, 2(1).

Badan Ekonomi Kreatif. (2018). Opus: Ekonomi Kreatif Outlook 2019. Jakarta: Badan Ekonomi Kreatif.

Burhanudina, M., dkk. (2020). Analysis of Creative Industries Development in Indonesia. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 49(1).

Firdausy, Carunia Mulya. (2017). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Hidayat, AR R T. & Asmara, A Y. (2017). Creative industry in supporting economy growth in Indonesia: Perspective of regional innovation system. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science.

Hutomo, M. Y.. (2000). Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Ekonomi. Jakarta: Bappenas.

Murohman Murohman, dkk. (2014). Peranan Sektor Ekonomi dalam Pengentasan Kemiskinan di Kalimantan Barat. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan (JEKP), 3(1).

Pangestu, M.E.. (2008). Pengembangan Industri Kreatif Menuju Visi Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

Pareto, V.. (1999). Manuel d’Economie Politique: Marcel Girard. France.

Pradana, Herry A. (2018). Peranan Sektor Ekonomi Kreatif Pada Pertumbuhan Ekonomi dan Ketenagakerjaan di Kalimantan Selatan. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 13(1).

Pratomo, Satrio, dkk. (2021). Role of Creative Economy on Local Economic Development. Journal of Indonesian Applied Economics, 9(1).

Prayudi Prayudi, dkk. (2022). Indonesia’s Creative Economy Agency’s Communication Strategy in Supporting Creative City. Jurnal ASPIKOM, 7(1).

Purwanto, Nuri & Rofiah, Chusnul. (2017). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Di Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Comvice: Journal Of Community Service, 1(1).

Schumpeter, J. A.. (2000). The Theory of Economic Development; Harvard Economic Studies. Harvard University Press: Cambridge.

Siladana, I Gusti Kade & Sudira, Putu. (2019). Implementation of creative economy entrepreneurial character development through the culture of sustainable development and vocational stakeholders partnership. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2).

Tim Editor. (2015). Presiden Minta Badan Ekonomi Kreatif Bekerja Cepat. Viva.Co,Id, 04 Agustus. https://www.viva.co.id/digital/digilife/656944-presiden-minta-badan-ekonomi-kreatif-bekerja-cepat?page=all&utm_medium=all-page