Pelatihan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Bagi Siswa Ekstrakurikuler KIR MAN 1 Tulungagung Untuk Meningkatkan Daya Saing

Nany Soengkono Madayani


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v10i2.3616

Abstract


ABSTRAK

Karya ilmiahremajamerupakansalah satubentukkaryatulisilmiahnyangdilaksanakan dan disusuun oleh siswaberdasarkanpenelitian yang dilakukan oleh siswatersebutsecaraperoranganmauppunsecaraberkelompok. Kegiataninimemiliki muatan positif baik bagi diri sendirisebagaisiswa dan lingkungannya. Penyusunan karya tulis memang membutuhkan pengetahuan keilmuan tentang sistematika dan metode penulisan. Siswaperluuntukmengetahuitekhnik dan metodepenulisan yang tepatdalammeyusunlaporankaryailmiah agar mampubersaing Ketika merekaberkompetisididalamlomba. Kegiatan Pendampingan ini memiliki konsepsi pelatihan penyusunan dan penulisan laporan karya tulis, agar mampu meningkatkan kompetensi yang baik. Dengan adanya pendampingan, diharapkan anak didik mampu membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk karya tulis ilmiah (KTI) . Untuk itu, perlu adanya pelatihan pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler KIR di MAN 1 Tulungagung. Berdasarkan pengamatan selama pendampingan kegiatan dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini dapat berjalan lancar, selain itu antusiasme siswa dampingan yang tinggi serta rasa ingin tahu dari para peserta membuat pemberian materi menjadi sangat efektif dan efisien.

Keyword: Pelatihan,ekstrakurikuler, KIR, dayasaing


Article Metrics :

References


Agustina, A., Syahrul, R., Pramesti, U. D., & Rasyid, Y. (2019). Pelatihan Penelusuran Informasi Elektronik dalam Peningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Siswa SMPN. Jurnal Penerapan IPTEKS, 1(1), 65-75.

Alfi Hidayatul Miqawati. 2019. Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Daya Sain dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Diakses tanggal 10 Februari 2020.

Budi, S., Winarno, S., Rohmani, A., Gamayanto, I., Sukamto, T. S., Sani, R. R., ... & Wibowo, S. (2021). Pelatihan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Penulisan Karya Ilmiah Pada Sma Negeri 3 Semarang. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 5(2), 309-315.

Casmudi, C., & Pratama, R. A. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Remaja bagi Siswa/i SMA/Sederajat di Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara. Abdimas Universal, 1(1), 1-5.

Cook, P., & Walsh, M, (2012). Collaboration and Problem -based learning: Integrating Information literacy into a political science. Communications in Information literacy, 6(1), 59-72. Retrieved from http://www.comminfolit.org/index,php?journal=cil&page=article&op=view&path%5B%5D=v6i1p59

Dewi, T. M. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Memotivasi Literasi Menulis Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Karimun. Minda Baharu, 5(1), 70-76.

Dwiyanti, R., Marlena, N., Patrikha, F.D., Parjono., Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Guru SMK di Kabupaten Jombang, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol. 1(2) hal. 249-266,2017

Kalidjernih, F, K. 2010, Penulisan Akademik, Bandung: Widya Aksara Press.

Madayani, N. S. (2020). Pendampingan Penyusunan Laporan KKarya Tulis Bagi Siswa Peserta EKstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja di MAN 1 Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(1), 48-56.

Pitoyo, A., & Suhartono, E. (2018). Analisis Pengaruh Teknologi Informasi Dan Knowledge Management Terhadap Daya Saing UKM. Jurnal Ilmiah Infokam, 14(2).

Tim Penyusun KBBI. (2016). KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/Beranda