Membangun Motivasi Mengaji Anak Melalui Program Bimbingan Belajar Di Masjid Al-Hikmah Desa Benteng
Abstract
Pendidikan merupakan unsur penting sebagai pondasi kemajuan bangsa serta sebagai tuntunan perkembangan anak. Ditengah persaingan global pembelajaran memiliki banyak hambatan sehingga membuat motivasi belajar anak menurun. Seperti yang dirasakan oleh warga Desa Benteng yaitu ditemukannya permasalahan mengenai belajar mengaji antara lain: 1) Kurangnya bimbingan dari orang tua, 2), Kurangnya motivasi anak dalam belajar, 3) Kurangnya kesadaran antara keduanya tentang pentingnya belajar agama, 4) Pembelajaran yang terkesan monoton karena masih menggunakan metode konvensional. Dalam hal peneliti mengadakan program bimbingan belajar mengaji untuk membantu permasalahan yang ada. Hasilnya semua program bimbingan belajar dapat membantu meningkatkan motivasi mengaji pada anak-anak di Desa Benteng.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
B. Uno Hamzah. 2007 Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta : Pustaka Belajar
Hamalik, Oemar. 1991, Psikologi dan Pembelajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo Belajar
Husnul Qodim, 2021. Petunjuk Teknis KKN DR 2021. Bandung: Pusat Pengabdian
kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Tim Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat . Pedoman Pemberdayaan Masyarakat Dea Berbais Masjid . Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat: Banda Aceh, 20
DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v11i1.3499
DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29100/j-adimas.v11i1.3499.g1439
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dyah Wulandari, Mai Listari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.