Membangun Motivasi Mengaji Anak Melalui Program Bimbingan Belajar Di Masjid Al-Hikmah Desa Benteng

Dyah Wulandari
Mai Listari


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v11i1.3499

Abstract


Pendidikan merupakan unsur penting sebagai pondasi kemajuan bangsa serta sebagai tuntunan perkembangan anak. Ditengah persaingan global pembelajaran memiliki banyak hambatan sehingga membuat motivasi belajar anak menurun. Seperti yang dirasakan oleh warga Desa Benteng yaitu ditemukannya permasalahan mengenai belajar mengaji antara lain: 1) Kurangnya bimbingan dari orang tua, 2), Kurangnya motivasi anak dalam belajar, 3) Kurangnya kesadaran antara keduanya tentang pentingnya belajar agama, 4) Pembelajaran yang terkesan monoton karena masih menggunakan metode konvensional. Dalam hal peneliti mengadakan program bimbingan belajar mengaji untuk membantu permasalahan yang ada. Hasilnya semua program bimbingan belajar dapat membantu meningkatkan motivasi mengaji pada anak-anak di Desa Benteng.


Article Metrics :

References


B. Uno Hamzah. 2007 Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta : Pustaka Belajar

Hamalik, Oemar. 1991, Psikologi dan Pembelajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo Belajar

Husnul Qodim, 2021. Petunjuk Teknis KKN DR 2021. Bandung: Pusat Pengabdian

kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Tim Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat . Pedoman Pemberdayaan Masyarakat Dea Berbais Masjid . Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat: Banda Aceh, 20