PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAGI GURU BAHASA INGGRIS SMPN 1 DURENAN

Yepi Sedya Purwananti


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v2i2.312

Abstract


Salah satu langkah penting diantara tujuh langkah dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) adalah mengidentifikasi materi ajar atau bahan ajar. Identifikasi bahan ajar yang dimaksud adalah
penentuan materi pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan maupun indi-
kator yang ingin dicapai. Selain itu materi juga harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti misalnya
menarik (baik dari segi tampilan maupun konten), memeberi peluang pada siswa untuk berfikir logis, aktif, kritis
dan kreatif serta mengembangkan rasa keingintahuan siswa untukbelajar lebih lanjut. Tujuan dari pengabdian
ini adalah sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pada guru-guru SMP 1 Durenan
Trenggalek dalam hal ini guru Bahasa Inggris, terutama dalam hal kemampuan mengembangkan bahan ajar.
Berdasarkan hasil umpan balik didapatkan informasi bahwa kegiatan ini sangat relefvan dengan kebutuhan
Guru SMPN 1 Durenan Kabupaten Trenggalek. Mereka merasa mendapat wawasan dan skill yang aplikatif dan
bermanfaat. Selain itu mereka juga merasa senang dengan teknik dan metode pelatihan yang diterapkan selama
pelatihan.Kemampuan yang dilatihkan dan dimiliki peserta diantaranya adalah: 1) Pengetahuan skill tentang
cara pengajaran dan memperoleh bahan ajar bahasa Inggris melalui lagu, cerita, permainan dan crafting
sekaligus pengetahuan tentang cara mencari sumber belajar yang menarik dan interaktif
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Guru, Bahasa Inggris, SMP.

Article Metrics :