PELATIHAN ANALISA STATISTIKA DESKRIPTIF DATA KEPENDUDUKAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL DI DESA GEDANGAN KECAMATAN SIDAYU KABUPATEN GRESIK

Muhammad Athoillah
Wara Pramesti
Elvira Mustikawati P.H


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v8i1.1614

Abstract


Data kependudukan merupakan data penting yang menjadi acuan bagi para pemimpin dalam membuat banyak kebijakan, diantanya adalah pemanfaatan alokasi anggaran, perencanaan pembangunan, pelayanan publik, serta pencegahan kriminal dan penegakan hukum. Desa gedangan merupakan desa kecil di daerah kecamatan sidayu, bagian dari Kabupaten Gresik dengan jumlah penduduk lebih kurang 200 jiwa. dengan jumlah tersebut tentunya data kependudukan di desa ini cukup banyak dan rumit, sementara para perangkat desa yang mengelola data tersebut memiliki pengetahuan yang kurang dalam hal pengelolaan data kependudukan tersebut. Oleh karena itu, Program Studi Statistika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menyelenggarakan Pelatihan Analisa Statistika Deskriptif dengan Microsoft Excel untuk meningkatkan pengolahan data kependudukan di desa tersebut. Statistika Deskriptif merupakan bagian dari ilmu statistika yang bertujuan untuk mengorganisasi dan menganalisis data sehingga dapat memberikan gambaran jelas, ringkas dan teratur mengenai suatu keadaan.Kegiatan Pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Gedangan dengan peserta yang terdiri dari beberapa golongan, diantaranya perangkat desa, bumdesa, karang taruna, dan beberapa guru PAUD yang dalam keseharian pekerjaannya berhadapan dengan pengelolaan data. Keseluruh kegiatan pengabdian telah terlaksana dengan baik, keberhasilan kegiatan ini diukur dari antusiasme peserta selama kegiatan pelatihan serta hasil evaluasi dan monitoring pasca kegiatan dimana para peserta dapat mengimplementasikan hasil latihannya dengan baik saat bekerja.

Kata kunci:Analisa Data, Data Kependudukan, Pengabdian Kepada Masyarakat, Statitika Deskriptif

Article Metrics :

References


David, W., & Djamaris, A. (2018). Metode Statistik Untuk Ilmu dan Teknologi Pangan. Penerbit Universitas Bakrie.

Divisi, D., Di Leonardo, G., Zaccagna, G., & Crisci, R. (2017). Basic statistics with Microsoft Excel: a review. Journal of Thoracic Disease, 9(6), 1734.

Goertzen, M. J. (2017). Introduction to quantitative research and data. Library Technology Reports, 53(4), 1218.

Marshall, G., & Jonker, L. (2010). An introduction to descriptive statistics: A review and practical guide. Radiography, 16(4), e1e7.

Nasution, L. M. (2017). Statistik deskriptif. Hikmah, 14(1), 7.

Richards, L. (2014). Handling qualitative data: A practical guide. Sage.

Ross, S. M. (2014). Chapter 1 - Introduction to Statistics (S. M. B. T.-I. to P. and S. for E. and S. (Fifth E. Ross (ed.); pp. 18). Academic Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-394811-3.50001-0

Sharma, S. (2019). Descriptive Statistics.

Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342362.

Sulisetijono, S. (2016). Statistika Deskriptif (pp. 7999).

Usman, H., & Akbar, R. P. S. (2019). Pengantar statistika.