PENINGKATAN BUDAYA LITERASI ANAK DI SDN NGAGLIK KECAMATAN KASIMAN BOJONEGORO
Abstract
Budaya literasi harus senantiasa ditingkatkan utamanya untuk para generasi muda bangsa Indonesia. Peningkatan tersebut bisa dimulai dari pendidikan formal, non-formal maupun informal. Dalam pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan penulis di Pendidikan formal di SDN Ngaglik Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan yang dilakukan berupa kelas untuk orang tua dan anak. Kelas orang tua melakukan beberapa kegiatan diantaranya strategi kreatif orang tua dalam hal membacakan buku, mendongeng, dan membuat permainan kreatif. Kelas anak melakukan kegiatan diantaranya yang merangsang kegiatan yang meningkatkan kecintaan terhadap buku, dalam hal ini program SBSA (Satu Buku Satu Anak).
Kata kunci: Peningkatan, Budaya Literasi, Kelas Orang Tua dan AnakFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. JPSD, Vol. 3, No. 1, pages 42-52, ISSN 2540-9093.
Freire, P. et al. 2005. Literacy: Reading the Word and the World. United Kingdom: Taylor & Francis eLibrary.
Miller, S. and Pennycuff, L. (2008). The Power of Story: Using Storytelling to Improve Literacy Learning. Journal of Cross-Disciplinary Perspectives in Education. 1: 3643.
Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015, pages 146-156.
Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017 Tema Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti, pages 18-26.
Widjayanti, E.P., dan Ayuninyas, F. (2019). Peningkatan Budaya Literasi Anak di Taman Kanak-Kanak Nurul Fikri Bekasi Utara. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat (JPM), Vol. 4 No.1 , ISSN : 25411977 E- ISSN : 25411977, http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jpm.