Penerapan Crusher And Mixing Machine Pakan Ternak Berbasis PLC Pada Peternak Ayam Petelur di Desa Mojorejo Kabupaten Magetan

Yoga Ahdiat F
Yuli Prasetyo
Agus Choirul Arifin
Achmad Aminudin


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v7i2.1452

Abstract


ABSTRAK

Tujuan utama dilakukannya kegiatan program PPTG ini adalah membuat model pemecah bahan pakan ternak Crusher machine serta mesin pengaduk Mixing Machine yang digunakan untuk mencampur bahan pakan ternak secara efisien. Hal ini dilakukan agar peternak ayam petelur dapat mempermudah dan meningkatkan kapasitas produksinya. Peternak ayam petelur tradisional ini akan dapat memperoleh keuntungan yang semakin meningkat karena mampu mempercepat proses pembuatan pakan dan dapat menambah jumlah ayam. Proses pembuatan pakan ternak ini sangat penting karena menyita waktu yang cukup lama agar diperoleh pakan dengan kualitas pencampuran homogen yang maksimal. Selain itu, diperoleh ukuran pakan ternak yang yang seragam dan cenderung mudah dikonsumsi oleh ayam petelur. Target kegiatan PPTTG ini adalah terwujudnya alat pemotong makanan Crusher machine yang efektif dimana mampu memaksimalkan pemotongan bahan pakan melalui teknologi PLC sehingga lebih cepat dan kemudahan penggunaan mesin pemotong agar mampu meningkatkan kapasitas produksi pakan. Metode pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan adalah analisa kondisi, wawancara, transfer ilmu dan latihan, pembimbingan, dan pendampingan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara mendorong peternak ayam petelur untuk menjaga usaha mandiri tetap berjalan, pelatihan penggunaan mesin, pembimbingan pemakaian mesin, evalusi operasional mesin, pendampingan pembuatan pakan alternatif, pendampingan perluasan pemasaran produk sebagai bentuk dari peningkatan nilai tambah produk dengan cara pemasaran secara online. Dari kegiatan ini dapat mengatasi permasalahan mitra khususnya peningkatan kapasitas produk pakan ternak, kebersihan dan permintaan pasar.

Kata kunci: Pakan ternak, alat pemotong Crusher machine, alat pengaduk Mixing machine.

Article Metrics :

References


Nuriyasa, I M, 2010. Peningkatan Efisiensi Produksi Ayam Petelur Melalui Peningkatan Kenyamanan Kandang di Desa Bolangan, Udayana Mengabdi, Vol 9, No 2, page 55-58.

Tuti W., 2017. Peningkatan Keterampilan Budi Daya Ternak Ayam Melalui Penerapan Teknologi Peternakan Di Desa Gagasari dan Kalimaro Kabupaten Cirebon, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 4, page 266-270.

Noferdiman, 2014. Penerapan Teknologi Pakan Lokal Bermutu dan Pembibitan Ayam Kampung Menuju Kawasan Village Poultry Farming (VPF) Di Desa Kasang Lopak Alai Kabupaten Muaro Jambi, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 29, No. 3, page 60-70