Pelatihan Pembelajaran IPS Terpadu Dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Karakter di SD Kristen Petra Tulungagung

Nailariza Umami


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v7i2.1446

Abstract


Abstrak

Dalam praktiknya, pendidikan karakter yang diberikan melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPS) baru menyentuh pada tingkatan pengenalan norma atau nilai-nilai, dan belum pada tingkatan integrasi dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini merupakan tugas besar guru mata pelajaran IPS yang harus bisa menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik. Dalam kegiatan ini pengetahuan guru tentang pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS, meningkatkan ketrampilan guru dalam menyususun RPP yang mengintegrasian nilai karakter dalam pembelajaran IPS diharapkan meningkat, memberikan pengetahuan guru bagaimana menerapkan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai karakter dalam pembelajaran IPS. Yang menjadi sasaran dalam kegiatan PPM ini adalah guru-guru Sd Kristen Petra Tulungagung yang berjumlah 15 orang. Pelatihan pembelajaran ips terpadu dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran dilakukan adalah sebagia berikut (1) metode ceramah, (2) metode demonstrasi, (3) metode latihan, dan (4) metode tanya jawab. Kendala yang dihadapi adalah para guru memiliki hanya sedikit pengetahuan awal penyusunan perangkat yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter dan keterbatasan waktu untuk pelatihan.

Kata kunci: pengintegrasian, nilai-nilai karakter, pembelajaran IPS

Article Metrics :

References


Husaini, Adian. 2010. Pendidikan Karakter: Penting, Tapi Tidak Cukup!. Diambil pada tanggal 15 Februari 2013 dari http://www.academia.edu/3779494/PENDIDIKAN_KARAKTER_Penting_Tapi_Tidak_Cukup?login=&email_was_taken=true

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Megawangi, Ratna. 2007. Membangun SDM Melalui Pendidikan Holistic Berbasis. Diambil pada tanggal 11 Juli 2012.

Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta Zamroni. 2011. Dinamika Peningkatan Mutu. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.

Zuchdi, Darmiyati. 2009. Pendidikan Karakter, Grand Design dan Nilai-nilai Target. Yogyakarta: UNY Press.