Pelatihan Pembelajaran IPS Terpadu Dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Karakter di SD Kristen Petra Tulungagung

Nailariza Umami


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/j-adimas.v7i2.1446

Abstract


Abstrak

 Dalam praktiknya, pendidikan karakter yang diberikan melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPS) baru  menyentuh  pada  tingkatan  pengenalan  norma  atau  nilai-nilai,  dan belum pada tingkatan integrasi dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari.  Hal  ini  merupakan  tugas  besar  guru  mata  pelajaran  IPS yang harus bisa menanamkan nilai-nilai karakter kepada  peserta didik. Dalam kegiatan ini pengetahuan guru tentang pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS, meningkatkan ketrampilan guru dalam menyususun RPP yang mengintegrasian nilai karakter dalam pembelajaran IPS diharapkan meningkat, memberikan pengetahuan guru bagaimana menerapkan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai karakter dalam pembelajaran IPS. Yang menjadi sasaran dalam kegiatan PPM ini adalah guru-guru Sd Kristen Petra Tulungagung yang berjumlah 15 orang. Pelatihan pembelajaran ips terpadu dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran dilakukan adalah sebagia berikut (1) metode ceramah, (2) metode demonstrasi, (3) metode latihan, dan (4) metode tanya jawab. Kendala yang dihadapi adalah para guru memiliki hanya sedikit pengetahuan awal penyusunan perangkat yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter dan keterbatasan waktu untuk pelatihan. 

 

Kata kunci: pengintegrasian, nilai-nilai karakter, pembelajaran IPS

Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics :

Abstract view : 38 times

PDF (Indonesian) View : 16 times

About The Author :

Nailariza Umami